4 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Mencari Rekan Bisnis
Ilustrasi (Sebastian Hermann/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa dari Anda mungkin sedang berpikir untuk memulai usaha. Namun banyaknya hal yang harus dipersiapkan dalam berbisnis bisa jadi membuat Anda mempertimbangkan untuk mencari rekan. Mempunyai partner dalam berbisnis memang memiliki beberapa keuntungan, di antaranya ada teman untuk bertukar pikiran, memiliki relasi yang lebih banyak hingga sinergi soal modal usaha.

Tapi di sisi lain, memilih rekan yang tak tepat justru akan jadi bumerang yang membuat pengelolaan bisnis menjadi berantakan dan bahkan berpotensi melahirkan konflik. Mencegah hal tersebut terjadi, Anda perlu memiliki penilaian-penilaian tersendiri yang harus dipenuhi sebelum memilih seorang partner bisnis. Pertimbangkan hal-hal berikut ini saat memilih rekan bisnis, menyadur The Balance Careers, Kamis, 30 Juni.

Temukan rekan yang berpengalaman

Mitra bisnis yang baik harus memiliki keterampilan mendukung dan melengkapi keahlian Anda. Tidak ada satu orang pun yang menguasai semua hal bisnis. Jika Anda memiliki keterampilan interpersonal yang hebat tetapi keterampilan keuangan bisnis yang buruk, pertimbangkan mitra yang memahami akuntansi bisnis. Semakin banyak keterampilan yang Anda dan rekan bawa ke bisnis bersama, semakin mudah untuk memulai, merencanakan, mengembangkan, dan menjalankan bisnis bersama.

Temukan rekan yang memiliki nilai, semangat bisnis, dan visi yang sama

Sangat penting memilih partner bisnis yang punya visi, misi, dan semangat berbisnis sama dengan Anda. Selain itu, kemampuan komunikasi secara efektif juga dibutuhkan untuk membuat keputusan, menetapkan tujuan, dan mendorong bisnis ke depan. Jika Anda bermitra dengan seseorang yang gampang segan, agresif, atau tidak dapat mempertimbangkan sudut pandang Anda, maka bisnis sulit sukses.

Cari rekan yang memiliki sedikit masalah hidup

Jika rekan Anda banyak memiliki masalah dalam kehidupan pribadinya, maka otomatis hal ini dapat terbawa ke dalam bisnis. Memang baik memberi seseorang kesempatan. Tetapi menjalankan bisnis kecil membutuhkan fokus, waktu, dan energi yang luar biasa. Jika rekan Anda sibuk mengatasi masalah pribadinya, maka Andalah yang akan memikul beban berbisnis.

Pilih rekan yang stabil secara finansial

Carilah rekan bisnis yang stabil dari sisi keuangan. Keterampilan mengatur uang, aset, dan waktu sangat penting bagi pengusaha kecil. Jika rekan salah mengatur keuangan pribadi atau bisnisnya, maka kemungkinan besar bisnis kalian juga tidak berjalan lancar. Skenario terburuk, rekan mungkin mencari cara mencuri dari bisnis Anda untuk memecahkan masalah keuangan pribadi.

Pilih rekan dengan pribadi yang baik

Jalinlah kemitraan dengan rekan yang bisa dipercaya. Carilah seseorang yang menghargai kejujuran dan memiliki etika yang baik. Jika salah pilih, rekan bisnis bisa saja mencuri dari perusahaan, mengambil ide dan klien untuk memulai bisnis sendiri, hingga melanggar menjebak bisnis Anda masuk dalam masalah hukum.