Hewan Peliharaan Diizinkan Ikut dengan Majikannya ke Kantor, Setelah Lama Bekerja di Rumah Akibat Pandemi
Ilustrasi hewan peliharaan di kantor. (Pexels/Apunto Group Agencia de publicidad)

Bagikan:

JAKARTA - Daisy menyapa pengunjung kantor dengan mengibaskan ekornya. Secara online, ia terdaftar sebagai "chief moral officer" dari perusahaan desain Tungsten Collaborative yang berbasis di Ottawa, Kanada dan termasuk di antara banyak hewan peliharaan yang bergabung dengan pemiliknya yang kembali ke kantor Kanada setelah bekerja dari rumah selama pandemi.

Anjing jenis Labrador emas berusia 12 tahun mengendus-endus di sekitar tempat kerja untuk mendapatkan camilan atau sesuatu untuk dimainkan. Di sebelahnya, seekor Basset Hound dengan telinga panjang dan terkulai bernama Delilah meminta perhatian.

Daisy muncul bersama anggota staf di situs web studio desain industri, di mana biografinya membanggakan keahliannya dalam "manajemen stres" dan "keterlibatan klien", mencatat banyak dari "inovasi terbesar studio desain industri dapat ditelusuri kembali ke perjalanan panjang" dengan dia.

Tungsten Collaborative, yang mempekerjakan sekitar 10 orang di ibukota Kanada, juga menjadi tuan rumah bagi rekan berkaki empat Daisy, Eevee the Greyhound dan anjing German Shepherd Hudson, yang mengeluarkan gonggongan.

ilustrasi hewan peliharaan
Ilustrasi. (Unsplash/Shridhar Gupta)

"Kami mendorong orang-orang jika mereka memiliki hewan peliharaan untuk membawanya (ke tempat kerja)," kata presiden Tungsten Bill Dicke kepada AFP, seperti melansir Euronews 9 Mei.

"Anda mengembangkan hubungan ini di rumah dengan hewan peliharaan Anda setiap hari dan tiba-tiba Anda kembali bekerja, jadi sekarang mereka harus dimasukkan ke dalam peti untuk hari itu atau berkeliaran di rumah sendirian, itu tidak adil bagi mereka," katanya.

"Toleransi terhadap hewan peliharaan (di tempat kerja) selama pandemi meningkat," tambahnya.

Ada deretan mangkuk air di dapur kantor, jika anjing-anjing kehausan. Sepanjang hari, mereka tidur di bawah meja, mengejar bola di lorong atau mengunyah mainan yang melengking.

Memiliki perusahaan Ottawa yang terdaftar oleh Humane Society sebagai ramah anjing, telah membantu meningkatkan bisnis dan meningkatkan produktivitas staf, kata Dicke.

Para pekerja dipaksa untuk beristirahat secara teratur untuk berjalan-jalan dengan anjing daripada makan siang di meja mereka, tidak perlu khawatir tentang hewan peliharaan mereka yang ditinggalkan sendirian di rumah, jelasnya.

ilustrasi hewan peliharaan
Ilustrasi. (Unsplash/Roberto Nickson)

Menurut survei Leger baru-baru ini untuk PetSafe, lebih dari setengah orang Kanada mendukung membawa anjing ke kantor.

Ide ini sangat populer di kalangan anak muda, dengan 18 persen dari mereka yang berusia 18 hingga 24 tahun mengatakan mereka akan berganti pekerjaan, jika atasan mereka menolak untuk mengizinkan membawa hewan peliharaan mereka ke tempat kerja.

Dengan sekitar 200.000 orang Kanada mengadopsi anjing atau kucing sejak awal pandemi COVID-19, bos yang meminta karyawan mereka untuk kembali ke kantor mungkin harus mempertimbangkan opsi tersebut.

Sementara itu, Johan Van Hulle, 29, bergabung dengan Tungsten tahun lalu. Aturan tentang anjing, katanya, "adalah bagian penting dari keputusan" untuk mengambil pekerjaan itu.

"Membiarkan anjing adalah indikator yang baik" dari budaya perusahaan, kata pemilik anjing jenis Eevee the Greyhound, menambahkan dia sedang mencari tempat kerja yang "tidak terlalu korporat".

ilustrasi anjing
Ilustrasi. (Unsplash/Jamie Street)

Juga di Ottawa, di perusahaan patungan konstruksi Chandos Bird, orang-orang yang merancang laboratorium penelitian nuklir tampak jatuh cinta pada Samson yang berusia 10 tahun.

Pemiliknya Trevor Watt tidak ingin meninggalkan Yorkshire Terrier sendirian, setelah pindah ke rumah baru dan kembali ke kantor pada bulan Januari.

Itu seharusnya menjadi pengaturan sementara. Tetapi Samson tidak hanya beradaptasi dengan kehidupan kantor, dia juga membuat dirinya disayangi oleh rekan-rekan dan staf di kantor-kantor tetangga, yang sekarang bergiliran menemaninya.

"Dia suka pergi bekerja," kata Watt, yang juga menikmatinya: "Saya tidak perlu khawatir tentang dia".

Mengelusnya adalah cara yang bagus untuk "mendekompresi setelah pertemuan yang sulit," tukas bos Watt, Byron Williams.

Meski demikian, anjing di tempat kerja, bagaimanapun, juga dapat menciptakan tantangan, terutama bagi mereka yang takut anjing atau alergi terhadapnya.

Samson tetap terikat ketika salah satu rekan Watt, yang memiliki fobia anjing, ada di sekitar. Di kantor lain, pekerja yang disurvei oleh AFP mengeluhkan noda di karpet, gonggongan yang mengganggu, hingga bulu hewan peliharaan yang sepertinya bertebaran di mana-mana.