Tiga Bulan Menunggu di Rumah Sakit, Anjing Ini Tidak Tahu Pemiliknya Meninggal karena COVID-19
Xiao Bao ketika ditangani relawan. (Asiawire via Daily Mail)

Bagikan:

JAKARTA - Seekor anjing bernama Xiao Bao menunggu pemiliknya selama tiga bulan di lobi Rumah Sakit Takiang, Provinsi Wuhan. Sayangnya, Xiao Bao tidak menyadari pemiliknya, yang sejak Februari dirawat di rumah sakit, menjadi salah satu dari ribuan korban meninggal akibat pagebluk COVID-19 yang menyerang Wuhan. 

Pemilik Xiao Bao yang diketahui seorang lansia, telah meninggal setelah lima hari dirawat di rumah sakit itu. 

Anjing jenis mongrel berusia tujuh tahun itu selama berbulan-bulan menunggu majikannya, kerap diberi makan oleh Staf Rumah Sakit hingga kuncitara dicabut dari Wuhan pada 13 April. Lalu Wu Cuifen seorang penjaga toko yang bekerja di minimarket Rumah Sakit mengadopsinya. 

Dikutip dari Daily Mail UK edisi 25 May 2020, Wu Cuifen melihat anjing tersebut saat dirinya kembali bekerja setelah toko diizinkan beroperasi.

"Saya pertama kali memperhatikan anjing kecil itu ketika saya kembali bekerja pada pertengahan April. Saya memanggilnya Xiao Bao. Itu nama yang saya berikan padanya. Staf Rumah Sakit memberi tahu saya, pemilik Xiao Bao, seorang lansia yang dirawat akibat coronavirus. Kemudian ia meninggal, tetapi Xiao Bao tidak tahu dan hanya tinggal di rumah sakit mencarinya." ujar Cuifen.

Wu Cuifen juga menceritakan, anjing ini benar-benar setia. Dia merasa mereka cepat akrab, bahkan setiap hari Xiao Bao menunggunya membuka toko pada pagi hari.

“Saya menjadi akrab dengan anjing itu dan kemudian membawanya ke toko. Setiap pagi saat membuka toko, Xiao Bao akan ada di sana menungguku." lanjut Wu Cuifen. 

Sebelum diadopsi oleh Wu Cuifen, Rumah Sakit Takiang sempat menerima keluhan beberapa pasien dan pengunjung karena Xiao Bao kerap berkeliaran di koridor dan lobi rumah sakit.

Mereka sempat menjauhkan anjing itu dari area rumah sakit, tetapi hal itu sia-sia. Xiao Bao kembali lagi ke Rumah Sakit untuk menunggu majikannya. 

Pihak Rumah Sakit lantas menghubungi Asosiasi Perlindungan Hewan di Wuhan. 

Kini Xiao Bao telah berada di tempat penampungan hewan, setelah sebelumnya Xiao Bao dibawa terlebih dahulu ke dokter hewan dan disterilkan. Banyak para pecinta hewan yang menawarkan diri untuk merawat anjing setia ini.