Setia hingga Akhir, Anjing di Turki Rutin Ziarah ke Makam Pemiliknya
Ilustrasi anjing. (Pixabay/RandyRMM)

Bagikan:

JAKARTA - Kisah persahabatan antara anjing dengan pemiliknya bukan hal baru. Anjing yang dikenal sebagai hewan setia, sering kali memiliki kisah-kisah yang menyentuh.

Namun, kisah anjing asal Turki utar ini membawa kesetiaanya dengan mendiang pemilik, ke tingkat yang baru dan mengharukan, yang belum tentu dilakukan manusia.

Adalah Fero, anjing yang ditinggal sang pemilik, Omer Guven pada 29 Oktober lalu, kedapatan sering mengunjungi makammya.

Güven, ayah dari lima anak, telah menemukan anak baru pada anjingnya ketika dia mengadopsi anjing liar 11 tahun yang lalu. Pria tua itu meninggal pada usia 92 bulan lalu karena sebab alami.

Menantu perempuannya, Fatma Güven, mengatakan sang mertua dan anjing adopsinya Fero memang memliki ikatan yang sangat kuat satu sama lain. Dia mengatakan, sejak hari pemakaman sang mertua sekaligus pemilik Fero, anjing tersebut bersikeras untuk tinggal di tempat peristirahatan terakhir lelaki tua itu.

"Dia juga merawat kucing-kucing liar dan biasa pergi ke luar kota di musim dingin. Kucing-kucing itu akan berkeliaran ketika dia meninggalkan kota, tetapi Fero akan segera menemukannya," paparnya mengutip Daily Sabah dari Anadolu Agency 5 November.

"Saya tidak tahu apakah anjing itu merasakan kedatangannya, tetapi dia akan selalu ada setiap kali dia kembali. Ayah mertua saya juga sangat menyayanginya. Dia tidak akan makan sebelum dia memberi makan Fero," kenangnya.

"Kadang ada tetangga yang melihat Fero datang ke kuburan tanpa kami. Saat dikubur, anjing itu duduk tepat di atas kuburan," tandasnya.

Untuk diketahui, pada Bulan Januari, anjing lain di Trabzon memenangkan hati ketika dia menunggu berhari-hari di luar rumah sakit tempat pemiliknya dirawat di rumah sakit.