4 Fakta Qodrat, Film Horor Pertama Vino G Bastian
Marsha Timothy dan Vino G. Bastian (Foto: IG @vinogbastian__)

Bagikan:

JAKARTA - Vino G. Bastian pertama kali main di film bergenre horor lewat Qodrat. Film ini disutradarai Charles Gozali dan akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada 27 Oktober 2022.

Selain Vino G Bastian film ini juga dibintangi oleh Marsha Timothy, Randy Pangalila, Maudy Effrosina dan Rezca Syam. Cerita Qodrat diambil dari latar waktu berpuluh-puluh tahun yang lalu ketika ilmu rukyah yang digunakan untuk menolong umat milik Ustadz Qodrat gagal meruqyah anaknya sendiri.

Anak itu bernama Alif Al-Fatanah (Jason Bangun) yang dirasuki setan bernama Assuala. Berniat mencari jawaban atas kebingungannya, maka Qodrat pun memutuskan untuk pulang ke pesantren di desa tempat ia menuntut ilmu.

Kendati begitu, ketika Qodrat sudah sampai di tempat itu, dia dibuat bingung karena penampakannya berbeda dengan Pesantren yang dia tahu.Pesantren yang Qodrat lihat sekarang berisi gangguan-gangguan yang tak terjelaskan.

Dari situlah, Qodrat harus berhadapan lagi dengan traumanya saat harus melakukan ruqyah kepada Alif Amri (Keanu Azka Briansyah). Dia adalah anak bungsu Yasmin (Marsha Timothy) yang tak bisa ditolak karena kesamaan nama dengan almarhum anaknya.

Berikut 4 fakta film Qodrat:

1. Vino Menunda Keputusan Bermain

Vino Mengakui sempat menunda keputusannya untuk bermain di film Qodrat. “Sebenarnya skripnya saya sudah di-mention dari 2018. Tapi kan skripnya mengalami pengembangan terus dan sekitar tahun 2019 skripnya sudah bisa dibilang final. Buat saya itu sudah oke banget,” ungkap Vino dikutip dari ANTARA di Jakarta, Jumat, 11 Oktober.

“Tapi memang Chaca (Marsha) sudah ngambil duluan, karena kita beda manajemen kan. Tapi saya belum karena saya orangnya lebih detail kayak masalah secara skrip, teknis, ini nggak mudah. Saya harus tahu dulu line up crew-nya siapa saja,” sambungnya.

Lebih lanjut, Vino mengatakan bahwa dia beserta tim Qodrat terus melakukan pengembangan dan mencari kru lain. Setelah pemain terkumpul, Vino pun baru memutuskan untuk menerima tawaran tampil di film Qodrat.

“Akhirnya kita meeting terus, mencari kru yang lain. Akhirnya pada tahun 2020 semuanya terkumpul, list pemainnya sudah terkumpul, baru oke saya mau bergabung gitu,” jelas Vino.

2. Horor Pertama Ingin Berkesan

Keputusan Vino yang panjang didasari untuk memberikan kesan kepada penggemarnya.

“Ini kan film horor pertama. Jadi saya pengennya film horor ini juga dikenang oleh masyarakat di Indonesia,” imbuhnya.

Di sisi lain, Marsha Timothy pun menyampaikan hal yang serupa. Dia mengatakan bahwa dirinya memang lebih dulu menerima tawaran untuk bermain di film Qodrat dibanding Vino.

3. Syuting Bareng Istri

Vino G Bastian merasa sangat bersemangat menjalani proses syuting Qodrat. Sebab, ini pertama kalinya setelah 7 tahun Marsha kembali beradu akting dengan sang suami di satu judul film yang sama.

“Sebenarnya yang menerima tawaran ini duluan tuh aku. Setelah itu baru ketemu ustadz Qodratnya (Vino G. Bastian). Terus sudah suka sama cerita dan karakternya, merasa tertantang untuk memerankan karakter baru lagi, untuk mencoba hal baru lagi,” ujar Marsha.

“Karena di sini adalah pertama kali aku memerankan beberapa adegan. Jadi, excited karena kembali reuni dengan Vino setelah 7 tahun. Ketemu lagi dengan cerita yang baru,” tambahnya.

4 Syuting Didampingi Ustaz

Selain itu, Vino juga menjelaskan bahwa saat proses film Qodrat, dirinya didampingi oleh seorang ustadz ruqiyah untuk mendalami karakternya. Dari sanalah, Vino mulai mendalami soal ruqiyah.

Namun, Vino mengaku bahwa dirinya sempat ditawari untuk dibukakan mata batinnya. Vino pun lantas menolak tawaran tersebut karena tak ingin mendalami sejauh itu.

“Yang paling penting, dari awal saya mau ambil film ini, saya harus didampingi sama ustadz nih. Karena karakternya kan ustadz. Ustadz ruqiyah lagi. Paling nggak walau saya bisa ngaji tapi harus dibenerin lagi tajwidnya apalagi harus hafal ayat,” tutur Vino.

“Saya mendalami juga soal ruqiyah. Cuma yang nggak pengen saya lakuin adalah ketika saya ditawarin untuk dibuka mata batinnya. Saya nggak sejauh itu. Terima kasih deh,” pungkasnya.