8 Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat, Efektif Turunkan LDL dan Trigliserida
Ilustrasi sayuran penurun kolesterol (yves_vanwalle-/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sayuran penurun kolesterol paling cepat wajib dikonsumsi setelah menyantap makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh menjadi naik seperti daging merah, daging bebek, hati sapi, gorengan, jeroan, dan lain sebagainya.

Sebagaimana diketahui, kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh organ hati dan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Akan tetapi, jika kadarnya terlalu tinggi, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Sayuran Penurun Kolesterol Paling Cepat

Sedianya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh sebab itu, hati memproduksi lipoprotein agar kolesterol dapat didistribusikan ke seluruh tubuh. Nah, lipoprotein terbagi menjadi tiga jenis yakni:

  • Low-density lipoprotein (LDL), berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui arteri. LDL berpotensi menumpuk di dinding arteri jika kadarnya terlalu tinggi. LDL juga disebut sebagai kolesterol jahat.
  • High-density lipoprotein (HDL), berfugsi berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati untuk disekresikan dari tubuh. HDL dikenal sebagai kolesterol baik.
  • Trigliserida, Lemak jenis ini terbentuk ketika tubuh mengubah sisa kalori yang tidak digunakan oleh tubuh. Jika asupan kalorinya terlalu besar ketimbang penggunaanya, kadar trigliserida di dalam darah akan naik.

Saat kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal, Anda harus menurunkannya agar tidak mengalami masalah kesehatan lain, seperti stroke dan gangguan jantung.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, beberapa sayuran berikut ini dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat, bahkan setelah mengonsumsi makanan penyebab kolesterol.

  1. Tomat

Tomat adalah sayuran yang kaya akan potasium. Selain itu, di dalam tomat juga terkandung vitamin A dan C, serta lycopene yang dapat menurunkan kadar LDL di dalam tubuh.

  1. Kentang

Sama dengan tomat, kentang panggang juga mengadung potasium dalam jumlah yang besar. Potasium dalam kentang bahkan lebih baik ketimbang yang ada dalam pisang.

Asupan nutrisi ini sangat penting untuk tubuh karena bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Terong

Berdasarkan penelitian pada hewan uji, jus terong sebanyak 10 mililiter (ml) dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Hasil ini tidak mengherankan, mengingat satu cangkir jus terong mengandung serat sebanyak 2,4 gram. Terong dapat menurunkan kolesterol karena bisa meningkatkan asupan serat.

  1. Bayam
Ilustrasi bayam sayuran penurun kolesterol
Ilustrasi bayam sayuran penurun kolesterol (ponce_photography/Pixabay)

Menambahkan menu sayuran hijau, seperti bayam ke dalam menu harian, bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, bayam dapat meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

  1. Brokoli

Selain memiliki rasa yang lezat, Brokoli ternyata dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol. Tak hanya itu, nutrisi yang ada pada brokoli juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Kale

Kubis keriting atau kale tidak hanya cocok dijadikan sebagai hidangan pelengkap nasi, namun juga bisa diolah menjadi jus penurun kolesterol paling cepat. Dalam kale terkandung antioksidan dan karotenoid yang berfungsi menghilangkan radikal bebas penyebab pengerasan pembuluh darah. Meminum jus kale secara rutin dapat membantu asam empedu mengikat kolesterol berlebih dan membuangnya dari tubuh.

  1. Asparagus

Asparagus juga termasuk sayuran penurun kolesterol palig cepat. Sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, mulai dari tumisan hingga sup yang hanggat.

  1. Wortel

Konsumsi jus wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga baik untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah.

Hal tersebut dikarenakan, dalam wortel terkandung potassium dalam jumlah yang tinggi. Senyawa ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah dan memanfaatkan karbohidrat, serta membangun protein.

Jus wortel bisa dikonsumsi tanpa tambahan apapun atau dikombinasikan dengan sayur dan buah-buahan agar rasanya lebih segar.

Demikianlah 8 sayuran penurun kolesterol paling cepat. Semoga bermanfaat!