Rebusan Daun Untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi: Berikut 3 Rekomendasi yang Paling Manjur
Rebusan Daun Untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi (Gambar Jcomp-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengurangi trigliserida tinggi dengan metode alami masih jadi pilihan. Di antaranya dengan komsumsi rebusan daun untuk menurunkan trigliserida tinggi. 

Trigliserida tinggi sendiri menggambarkan keadaan tidak sehat yang termasuk sindrom metabolik kolesterol, gula darah tinggi, kegemukan, serta tekanan darah tinggi. Berikut 3 daun ampuh buat mengurangi trigliserida tinggi serta metode supaya mencegahnya tidak kembali melonjak:

Rebusan Daun Untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi

1. Daun Kelor

Kadar trigliserida tinggi serta kolesterol jahat bisa pula diatasi dengan rebusan daun kelor. Tidak itu saja, daun kelor juga mambantu tingkatkan kandungan kolesterol baik (HDL) yang sangat berarti untuk badan.

2. Daun Sirih

Air rebusan daun sirih bisa menolong merendahkan trigliserida tinggi serta kolesterol berkat isi eugenol. Senyawa antibakteri serta antioksidan ini bisa mengatasi trigliserida serta kolesterol yang tinggi.

3. Daun Salam

Kaya zat aktif flavonoid serta quersetin, air rebusan daun salam bisa menurunkan trigliserida serta menghindari dislipidemia. Air rebusan daun salam pula bisa kurangi glukosa serum, kolesterol total, serta kolesterol LDL.

Walaupun ketiga rebusan di atas sanggup mengurangi kadar trigliserida serta kolesterol jahat tetapi hendaknya jalani perubahan gaya hidup sehat supaya tidak kambuh.

Beberapa sumber menyebut, terdapat sejumlah metode menanggulangi trigliserida alami supaya tidak melonjak. Berikut di antaranya:

  1. Jauhi makanan manis semacam permen, es krim, minuman bersoda, serta kue
  2. Pilih masakan kaya serat semacam sayur-mayur serta buah supaya trigliserida segera turun
  3. Jauhi lemak jenuh serta lemak trans pada daging merah, gorengan, serta masakan olahan
  4. Pilih makanan dengan lemak sehat semacam alpukat, kacang almond, serta minyak zaitun
  5. Minum minimal 8 gelas sehari buat mencukupi hidrasi serta mengurangi trigliserida dan kolesterol
  6. Istirahat cukup ataupun tidur malam 7-8 jam
  7. Bisa pula minum obat penurun trigliserida sesuai anjuran dokter seperti statin serta fibrat.

Dengan penjelasan di atas, selain trigliserida tinggi serta kolesterol jahat turun, penderita pula terhindar dari komplikasi semacam serangan jantung, pengerasan arteri, serta pankreatitis.

Penyebab Terjadinya Trigliserida Tinggi

Trigliserida tinggi bisa diakibatkan oleh banyak hal berbeda, secara luas digambarkan selaku pemicu gaya hidup, penyebab genetik, kondisi medis, serta obat-obatan:

  • Penyebab gaya hidup termasuk obesitas, diet tinggi lemak, minimnya aktifitas fisik, serta mengkonsumsi alkohol yang melampaui batas.
  • Penyebab genetik termasuk hiperlipidemia keluarga, familial chylomicronemia, hiperlipidemia campuran, defisiensi lipoprotein lipase, defisiensi lipase asam lisosom, penyakit penyimpanan glikogen, serta penyakit penyimpanan ester kolesterol.
  • Kondisi medis termasuk gagal ginjal kronis, diabetes, hipotiroidisme, pankreatitis, serta lupus.
  • Obat-obatan termasuk beta-blocker, terapi penggantian estrogen, kontrasepsi orang berbasis-estrogen, diuretik thiazide, inhibitor protease HIV, isotretinoin, steroid, serta tamoxifen.

Kenapa Trigliserida Tinggi Berbahaya?

Kadar trigliserida yang sangat tinggi berhubungan dengan permasalahan hati serta pankreas. Trigliserida tinggi cenderung muncul bertepatan dengan permasalahan lain, semacam tekanan darah tinggi, diabet, kegemukan, dan kadar kolesterol LDL “jahat” yang tinggi serta kadar kolesterol HDL “baik” yang rendah. Jadi, susah buat mengenali dengan pasti permasalahan mana yang diakibatkan oleh trigliserida tinggi saja.

Selaku contoh, beberapa orang mempunyai keadaan genetik yang nyatanya menimbulkan kadar trigliserida tinggi. Walaupun begitu, mereka tidak mempunyai peningkatan resiko penyakit jantung. Tetapi, terdapat sebagian fakta kalau trigliserida tinggi dengan sendirinya, dan tingkatkan resiko penyakit. Riset lain menunjukkan kalau trigliserida tinggi cuma bisa memainkan peran kecil saat resiko penyakit jantung lainnya diperhitungkan.

Secara keseluruhan, penting buat diingat kalau menaikkan pola makan serta gaya hidup bakal menurunkan trigliserida serta mengurangi resiko keseluruhan masalah jantung serta pembuluh darah.

Selain itu kami juga menyediakan artikel, “Manfaat Air Rebusan Serai untuk Kesehatan” untuk rekomendasi kalian agar hidup sehat dengan bahan alami.

Jadi setelah mengetahui rebusan daun untuk menurunkan trigliserida tinggi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!