5 Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Ilustrasi (PhotoMIX Company/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dan berfungsi membangun sel dan memproduksi vitamin serta hormon. Dalam darah, terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik. Agar kesehatan tubuh tetap prima, alangkah baiknya kadar kedua kolesterol ini tetaplah seimbang. Namun, jika kolesterol jahat lebih besar dibanding kolesterol baik, maka kemungkinan besar akan mengakibatkan seseorang terkena penyakit serangan jantung hingga stroke. 

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi, menjaga pola makan sehat adalah kuncinya. Lalu, apa saja minuman yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ini?

Teh Hijau

Selain digunakan untuk bahan kecantikan, teh hijau pun rupanya terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ini karena teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan LDL. Teh hitam pun sebenarnya juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, namun ini tak sebaik teh hijau.

Susu kedelai

Kedelai merupakan panganan yang mengandung rendah lemak jenuh.Untuk itu, makanan ini dapat dijadikan pengganti krim atau susu lemak tinggi. The Food and Drug Administration (FDA) AS telah merekomendasikan orang untuk mengonsumsi 25g protein kedelai perhari untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, Anda bisa menggantinya dengan konsumsi 250ml susu kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol.

Susu gandum

Susu gandum juga dipercaya sebagai penurun kolesterol. Pasalnya, Oat mengandung beta-glukan yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Reaksi ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol.

Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar lipid (lemak) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya.

Minuman cokelat murni

Kakao merupakan bahan utama pembuatan dark chocolate. Dalam kakao terdapat antioksidan yang disebut flavanol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.