5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Rasanya Manis
Ilustrasi teh kombucha (Unsplash/Tim-Oliver Metz)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teh kombucha dikonsumsi tidak hanya karena rasanya yang lezat namun juga manfaat kesehatan yang akan didapatkan. Manfaat teh kombucha ternyata beragam sehingga baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara teratur dengan porsi yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Manfaat Teh Kombucha

Dikutip dari AI Care, minuman kombucha adalah minuman berupa teh yang diolah dengan cara difermentasi dengan rasa manis dan asam. Minuman ini berasal dari China dan biasanya menggunakan teh hijau atau hitam dengan memanfaatkan bakteri SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast).

Bakteri SOBY akan memberi efek manis alami dan memunculkan alkohol. Hanya saja kandungan alkoholnya sangat rendah, biasanya hanyaa di bawah 0,5 persen. Minuman dengan kadar alkohol sebesar 0.5 persen, menurut LPPOM UI, dikutip dari AI Care, hukum minuman teh kombucha adalah halal dengan catatan dalam proses pengolahannya tidak melibatkan bahan haram dan tak berbahaya.

Sedangkan manfaat teh kombucha untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi teh kombucha ternyata mampu menyehatkan pencernaan. Hal itu terjadi karena kombucha mengandung probiotik yang menyehatkan sistem pencernaan. Minuman ini baik untuk Anda yang sulit buang air besar.

  1. Mengandung Antioksidan

Teh kombucha juga mengandung antioksidan. Zat tersebut membantu tubuh membuang racun sehingga meminimalisir penumpukan penyakit. Selain itu kombucha juga membantu menurunkan risiko infeksi dan radang.

  1. Menyehatkan Jantung

Dikutip dari AI Care, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombucha mampu meningkatkan kadar kolesterol baik serta menekan kolesterol jahat. Kolesterol baik sendiri berperan dalam menyehatkan jantung.

  1. Kesehatan Hati

Kesehatan hati bisa terjaga saat Anda mengonsumsi teh kombucha. Hal itu disebabkan karena adanya zat antioksidan dan probiotik. Jika organ hati seha maka proses pembuangan zat racun dalam tubuh bisa lebih maksmal.

  1. Mencegah Depresi

Tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, teh kombucha juga menjaga kesehatan mental karena membantu menjaga suasana hati lebih stabil sehingga terhindar dari depresi. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasian ini. Selain itu kombucha juga mampu mendukung konsentrasi pada anak.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Meski rasa teh kombucha manis, namun tak perlu khawatir karena efek manis yang muncul dalam minuman ini adalah alami. Dengan begitu teh kombucha boleh dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 2. Meski demikian teh ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan tanpa pengawasan dokter.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam teh kombucha berperan melawan sel kanker dalam tubuh. Meski demikian perlu dilakukan penelitian untuk memastikan khasiat teh kombucha dalam penanganan kanker.

Itulah informasi tentang manfaat teh kombucha. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.