8 Minuman Alternatif Pengganti Kopi untuk Menghalau Ngantuk
Ilustrasi minum hangat (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Tidak bisa ditolak bahwa kopi bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika terlalu banyak minum kopi juga tidak akan baik untuk tubuh. Untuk itu, ada minuman alternatif yang sama-sama dapat menghalau kantuk terutama ketika Anda sedang bekerja.

Ingin tahu daftar minuman tersebut, berikut mari disimak.

Kombucha

Kombucha terbuat dari campuran teh, gula, dan bakteri kombucha serta ragi. Rasa asam pada kombucha bersifat organik. Disamping itu juga mengandung vitamin, asam amino, dan probiotik.

Itu artinya kombucha tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tetapi juga menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin B pada kombucha dapat meningkatkan energi. Lebih lanjut lagi, penyebab tubuh lemas dan mengantuk dapat diatasi dengan minum minuman ini.

Air lemon

Air lemon mengandung antioksidan dan bisa meningkatkan semangat saat bekerja. Air perasan lemon ditambah air mineral dapat dipertimbangkan sebagai pengganti kopi. Minuman ini juga mengandung pectin yang membuat Anda tahan kenyang lebih lama.

minuman pengganti kopi agar tidak ngantuk
Ilustrasi jus delima (Pexels/Anastasia Zhenina)

Jus delima

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrition Research, tidak ada kenaikan gula darah secara signifikan ketika meminum buah delima selama dua minggu berturut-turut. Meski rasanya manis, jus ini tepat diminum saat pagi hari.

Air kelapa

Minuman yang menghidrasi tubuh salah satunya adalah air kelapa. Terutama ketika kondisi cuaca panas, Anda dapat meminum air kelapa untuk mengurangi tubuh terasa lemas dan menggantikan kopi.

Di beberapa coffee shop juga menyediakan menu kopi air kelapa. Namun, ketika menghindari minum kopi dapat hanya meneguk segelas air kelapa yang rasanya menyegarkan.

Teh hijau

Disamping kopi, teh juga termasuk booster energi. Teh juga sama seperti kopi, mengandung kafein. Tetapi kandungan kafein lebih rendah pada jenis teh tertentu. Nah, kafein pada dua jenis minuman ini dapat membuat Anda rileks dan lebih fokus.

Pilihan terbaik varian teh sebagai pengganti kopi adalah teh hijau. Kandungan L-thanine dalam teh hijau dapat melawan kanker dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Jus rumput gandum

Rumput gandum dikenal dengan wheatgrass dan dipakai untuk pengobatan. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Funcional Foods in Health and Disease menemukan bahwa wheatgrass dapat meningkatkan energi, anti-inflamasi, dan anti penuaan.

Ketika diet, wheatgrass dapat efektif menekan rasa lapar lebih lama dan tetap berenergi sepanjang hari.

Chai

Setara dengan thai tea meski dibuat dengan komposisi yang berbeda, chai juga terasa creamy. Chai terbuat dari campuran teh hitam, susu, kayu manis, dan kapulaga. Kafein dalam teh hitam dapat meningkatkan energi namun agar tidak membuat perut bergejolak ditambahkan susu dan rempah-rempah.

minuman pengganti kopi agar tidak ngantuk
Ilustrasi chai (Pexels/Roberto Cervantes)

Golden milk

Minuman terakhir yang bisa jadi alternatif membuat anti kantuk namun menghindari kopi, yaitu golden milk. Minuman ini termasuk minuman tradisional dari India yang terbuat dari jahe, kayu manis, kunyit, dan black pepper. Kadang ditambahkan biji vanilla atau madu.

Warnanya kuning berasal dari bubuk kunyit yang diseduh air hangat. Secara rasa sangat beraroma sebab beberapa rempah dicampurkan ke dalamnya.