Bosan Kopi Hitam, Campurkan dengan 8 Bahan Ini untuk Dapatkan Rasa Nikmat
Ilustrasi bahan campuran kopi yang nikmat (Unsplash/Tijana Drndarski)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat berbagai pilihan jenis kopi Nusantara. Mulai dari berjenis arabika hingga robusta yang menyimpan kekayaan rasa. Tetapi, jika bosan dengan menikmati kopi hitam yang diseduh seperti biasa baik V60 ataupun tubruk, Anda bisa mencampurkan racikan kopi dengan beberapa bahan terpilih. Campuran tersebut bisa menghasilkan rasa yang unik dan nikmat, berikut bahan yang bisa dicampurkan dalam secangkir kopi Anda.

1. Mentega

Memasukkan mentega dalam kopi, mungkin dianggap sebagai resep yang gagal. Tetapi tidak, dilansir Reader’s Digest, Selasa, 7 Juni, kombinasi antara pahitnya kopi dan gurihnya mentega akan menghasilkan taste yang sempurna. Anda dapat memasukkan setengah sendok teh mentega dalam cangkir kecil kopi seduh.

2. Es krim

Sesendok es krim vanilla dan satu takaran espresso jika berpadu menjadi affogato. Resep ini merupakan penyajian kopi khas Italia. Anda juga bisa menambahkan segelas Amerikano dengan satu skop es krim vanilla.

bahan campuran kopi yang nikmat
Ilustrasi bahan campuran kopi yang nikmat (Unsplash/Jojo Yuen)

 

3. Madu

Sebagai pengganti gula dalam segelas kopi Anda, bisa memanfaatkan gula alami, yaitu madu. Latte Spanyol sering kali mencampurkan racikan madu, susu, dan dua takaran espresso.

4. Kapulaga

Rempah yang satu ini memiliki rasa yang kuat. Bukan ide buruk jika menambahkan dalam secangkir kopi. Jika menambahkannya, rasanya akan mirip dengan chai. Anda juga bisa menambahkan sedikit racikan latte, antara lain susu dan espresso, selanjutnya tambahkan sejumput kapulaga.

bahan campuran kopi yang nikmat
Ilustrasi bahan campuran kopi yang nikmat (Unsplash/iStockphoto)

 

5. Ekstrak vanili

Ekstrak vanili dicampurkan kopi bisa membuat lidah bermanja-manja dengan rasa yang tercipta. Cukup tambahkan sedikit saja ekstrak vanili dalam kopi hangat. Hasilnya akan membuat Anda merasakan kopi yang lebih lembut.

6. Lemon atau jeruk nipis

Kopi dan lemon paling tepat disajikan dingin. Hasil kopi yang menyegarkan mungkin membuat hari lebih bersemangat. Tak hanya air perasan lemon atau jeruk nipis yang bisa ditambahkan dalam segelas kopi dingin. Anda bisa membubuhkan sedikit parutan kulit jeruk untuk menguatkan aroma citrus.

7. Santan

Apabila Anda menghindari produk susu, santan bisa jadi pilihan alternatif untu dicampurkan dalam kopi. Kopi santan memiliki rasa samar-samar manis dan kaya. Mengganti susu dengan santan juga mengurangi jumlah kalori, bisa dicampurkan dengan bubuk kopi Java.

8. Biji pala

Bagi Anda pecinta kopi, tentu tak asing dengan racikan campuran antara kopi dan rempah. Memasukkan beberapa pala ke dalam minuman Anda benar-benar menyenangkan. Tetapi jangan lupa, menambahkan biji pala jangan terlalu banyak. Beri secukupnya saja agar memberikan pendar rasa yang sempurna pada secangkir kopi Anda.