8 Cara Minum Kopi yang Baik untuk Kesehatan Anda
Ilustrasi minum kopi yang baik (Unsplash/Nicolas J Leclercq)

Bagikan:

JAKARTA – Kopi merupakan minuman paling populer di dunia. Dapat disajikan dalam acara fancy maupun dalam momen sederhana di rumah. Bagi banyak ahli, kopi juga merupakan minuman sehat. Menurut sejumlah studi, kopi mengandung antioksidan tinggi mengungguli buah serta sayuran.

Untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, dilansir dari Healtline, Senin, 5 April, berdasarkan studi begini rekomendasi yang baik dalam minum kopi.

Hindari minum kopi pukul 02.00 dini hari

Sebuah studi membuktikan bahwa pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari, tubuh berada pada posisi paling lemah. Karena hal tersebut hindari minum kopi untuk stimulan meningkatkan energi pada kondisi terlemah tubuh.

Hindari juga minum minuman berkafein seperti kopi pada menjelang tidur sebab dapat membuat mata tetap terjaga dan enggan lelap. Bagi Anda yang sensitif terhadap kafein, maka dapat minum kopi antara pagi hari dan pukul 14.00.

Berbeda kasus pada Anda yang tidak berpengaruh besar pada kandungan kafein dala kopi. Apabila tetap bisa tidur meski minum kopi, maka tidak akan mengganggu pola tidur Anda secara signifikan.

Kopi tanpa gula

Kopi adalah minuman sehat apabila diminum dalam waktu dan cara yang tepat. Cara terbaik untuk membuat secangkir kopi tetap sehat adalah dengan tidak menambahkan gula di dalamnya.

Sebab, menambahkan gula pada kopi dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas terutama jika dikonsumsi rutin. Nah, apabila tidak dapat menikmati kopi tanpa rasa manis maka pilih gula alami atau gula stevia untuk membuatnya tetap manis dan kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Pilih biji kopi yang berkualitas

Ada berbagai varietas kopi, termasuk varian kopi berdasarkan kualitasnya. Paling baik, Anda memilih kopi yang berkualitas. Artinya mengetahui bagaimana biji kopi ditanam, apa bahan penyubur tanah, dan bagaimana kopi diolah.

Hindari minum terlalu banyak

Meskipun kopi adalah minuman yang menyehatkan, tetapi terlalu banyak minum kopi dapat menimbulkan efek buruk. Berdasarkan rekomendasi dari Health Canada, jumlah kopi paling aman tidak melebihi 2,5 miligram setiap kilogram berat badan.

Misalnya, Anda memiliki berat badan 60 kilogram maka sejumlah 150 miligram atau 3 hingga 4 cangkir dalam sehari. Dari rekomendasi tersebut, minum kopi adalah tentang menyeimbangkan risiko dan manfaatnya. Artinya perhatikan kondisi tubuh Anda ketika meminum kopi.

cara minum kopi
Ilustrasi secangkir kopi (Unsplash/Brigitte Tohm)

Tambahkan kayu manis

Sebuah studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa dalam darah, kolesterol, dan trigliserida pada penderita diabetes. Apabila Anda ingin menambahkan aroma dan memperkaya rasa maka tambahkan kayu manis.

Hindari menambahkan krimer

Serendah-rendahnya kandungan lemak di dalam krimer, tetap perlu dihindari mengonsumsinya. Meski belum ada penelitian tentang efek kesehatan ketika mencampurkan kopi dengan krimer, tetapi untuk menjaga tubuh tetap sehat maka perlu dihindari mengonsumsinya sering-sering.

Mancampurkan dengan kakao

Bubuk kakao juga mengandung antioksidan dan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk menambahkan kakao ke kopi Anda untuk menambahkan rasa. Dan lebih menyenangkannya lagi, Anda dapat membuatnya di rumah dengan mudah.

Saring kopi dengan filter kertas

Kopi mengandung cafestol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengurangi tingkat tersebut maka seduh kopi dengan filter kertas.