Bagikan:

YOGYAKARTA - Teh dan kopi sama-sama menjadi minuman yang digandrungi oleh banyak orang. Lalu bagaimana jika kedua minuman ini diseduh dan dikonsumsi secara bersamaan. Seperti apa jadinya kombinasi kopi campur teh?

Baik kopi maupun teh memiliki penikmatnya masing-masing. Kopi kerap diandalkan sebagai minuman pembangkit semangat dan pengusir rasa kantuk. Sementara teh dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh di waktu pagi hari maupun sore. 

Campuran kopi dan teh dalam satu minuman mungkin terdengar aneh. Namun belakangan ini kombinas kopi dicampur teh marak dicoba di banyak negara. Lantas bolehkan minum kopi campur teh dan seperti rasa maupun efeknya?

Bolehkah Minum Kopi Campur Teh?

Banyak yang bertanya-tanya, bolehkan minum campuran kopi dan teh dan satu gelas? Mengonsumsi teh dan kopi dalam jumlah yang wajar bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Kedua minuman ini juga dikenal efektif dalam meningkatkan energi.

Menurut beberapa sumber, mencampur teh dan kopi disebut-sebut sebagai cara terbaik untuk meraih manfaat kesehatan dari keduanya tanpa harus memilih salah satu.

Manfaat Minum Teh Campur Kopi

Teh dan kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat, serta dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak. Menggabungkan kedua minuman ini memungkinkan Anda meraih seluruh manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh teh dan kopi.

Teh dikenal dengan khasiatnya untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi kelelahan. Sementara itu, kopi telah terbukti membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, melindungi kesehatan hati, dan bahkan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Dengan mencampurkan keduanya, Anda dapat menikmati manfaat ini dalam satu minuman lezat.

Selain itu, kombinasi ini bisa menjadi pilihan yang menarik dan berbeda dari teh atau kopi biasa. Namun seperti halnya inovasi lain, ada pro dan kontra terkait dengan mencampur teh dan kopi dalam satu cangkir.

Tren Minuman Kombinasi Kopi Campur teh

Meskipun terdengar tidak biasa, faktanya banyak orang sering menyeduh campuran kopi dan teh. Kombinasi ini dapat menghasilkan minuman baru dengan rasa yang unik dan lezat.

Emily McIntyre, pendiri dan CEO Catalyst Trade, sebuah platform perdagangan kopi yang berbasis di Portland, Oregon, menyebutkan bahwa mencampurkan teh dan kopi adalah tradisi populer di Etiopia, dimana minuman tersebut dikenal dengan nama spreeze atau spritz.

Minuman ini dibuat dengan mencampurkan teh hitam kental, gula, susu evaporasi, dan kopi kuat. Minuman kombinasi kopi dan teh dapat dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin. 

Di Hong Kong, campuran teh dan kopi disebut yuanyang atau cofftea dan sangat populer di sana. Bahkan Starbucks Hong Kong memiliki menu Frappuccino khusus bernama Yuen Yeung Frappuccino Blended Cream.

Efek Samping Kopi Campur Teh

Meskipun campuran teh dan kopi menawarkan banyak manfaat kesehatan, ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kandungan kafein di dalam kedua minuman ini.

Jika Anda mengonsumsi campuran ini dalam jumlah berlebihan, hal itu bisa memicu sakit kepala, kegelisahan, dan gangguan tidur. Kafein dalam kopi dan teh dapat merangsang peningkatan frekuensi buang air kecil, yang berpotensi menyebabkan dehidrasi jika tidak disertai dengan asupan air putih yang cukup.

Demikianlah ulasan mengenai bolehkah minum kopi campur teh dan apa efek sampingnya? Dengan kandungannya masing-masing, minuman ini bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun di samping itu tetap ada efek samping yang perlu diperhatikan. Baca juga jarak minum kopi setelah minum obat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.