Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak disarankan minum kopi secara langsung setelah mengonsumsi obat. Kopi bisa bereaksi dengan kandungan obat yang baru saja masuk ke dalam tubuh. Lantas berapa jarak minum kopi setelah minum obat?

Banyak orang gemar mengonsumsi kopi hingga punya jadwal khusus buat menyeruput kopi. Terkadang penikmat kopi tetap memaksakan diri minum kopi meski baru saja meneguk obat. Padahal hal ini tidak baik dan bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. 

Para penyuka kopi perlu menahan diri mengonsumsi minuman favoritnya ini ketika sedang sakit dan menelan obat. Pasalnya, kopi bakal mempengaruhi efek obat di dalam tubuh. Banyak yang bertanya-tanya kapan waktu yang aman untuk minum kopi setelah mengonsumsi obat?

Jarak Minum Kopi setelah Minum Obat

Setiap orang yang sedang mengonsumsi obat, harus memberi jarak waktu jika ingin meneguk kopi. Tindakan ini sangat penting untuk menghindari efek samping yang bisa ditimbulkan karena obat bereaksi terhadap kopi. 

Sebuah penelitian Critical Review in Food Science and Nutrition menyebut bahwa minum kopi setelah mengonsumsi obat bisa membatasi keefektifan dan kinerja obat. Kondisi ini berlaku bagi obat yang dijual secara umum atau pil yang diresepkan untuk keadaan kronis. 

Para ahli kesehatan menyarankan agar mengambil jarak waktu dua sampai tiga jam setelah minum obat jika ingin mengonsumsi kopi kembali. Minum kopi dalam takaran 400 mg kafein per hari terbilang masih dalam taraf aman. Namun adanya kandungan kafein tetap bisa mempengaruhi proses penyerapan, penyebaran, metabolisme, dan ekskresi dari obat. 

Pasien yang mengonsumsi kopi usai minum obat bisa mengalami kegagalan terapeutik hingga reaksi toksin dari kandungan kafein. Mengingat dampak bahaya tersebut, itulah mengapa para pakar merekomendasikan agar tidak langsung minum kopi setelah meneguk obat. 

Efek Samping Minum Kopi setelah Mengonsumsi Obat

Ada efek samping yang akan terjadi apabila Anda memaksakan minum kopi langsung tidak lama setelah mengonsumsi obat seperti antibiotik, cimetidine, dan obat KB. Dampak negatif yang ditimbulkan bisa bersifat ringan maupun lebih serius. 

Di samping itu, masing-masing obat bisa membawa efek samping yang berbeda jika dikonsumsi sebelum menyeruput kopi. Berikut ini beberapa efek negatif yang mungkin dialami oleh orang yang minum kopi setelah minum obat:

  • Minum kopi setelah mengonsumsi obat yang mengandung stimulan bisa menimbulkan efek serius dan memicu gangguan kesehatan jantung.
  • Menimbulkan efek sedang dengan gejala seperti rasa gelisah, denyut jantung meningkat, sakit kepala, meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, serta menurunkan efektivitas obat yang dikonsumsi, seperti antibiotik, alendronat, adenosine, clozapine, dan pil KB. 
  • Kemungkinan menyebabkan efek samping tertentu dan menurunkan kadar obat yang diserap oleh tubuh, seperti obat untuk diabetes, terbinafine, obat untuk depresi, dan phenothiazine

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi setelah Minum Obat

Selain kopi, ada beberapa jenis minuman lainnya yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum obat. Minuman yang bersifat asam seperti soft drink dan minuman bersoda masuk dalam daftar minuman pantangan usai mengonsumsi obat. Soda bisa mengurangi sifat antibakteri dalam kandungan obat dan menimbulkan alergi. 

Tidak disarankan juga mengonsumsi jus setelah minum obat. Meski menyengarkan, jus bisa mengurangi efektivitas kinerja obat pada tubuh seperti memperlambat proses pemulihan. Jus anggur menjadi jus yang paling harus dihindari dari sekian banyak jenis jus. Kandungan zat duranocoumarin pada buah anggur bisa menghambat penyerapan obat. 

Demikianlah ulasan mengenai jarak aman minum kopi setelah minum obat. Bagi Anda penikmat kopi, pastikan untuk mengambil jeda waktu selama beberapa jam setelah mengonsumsi obat. Sementara itu, minuman yang paling menyehatkan dan disarankan dikonsumsi setelah minum obat adalah air putih. Baca juga bolehkah lansia minum kopi serta dampak baik dan buruknya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.