Tips Menghilangkan Gigi Kuning Karena Sering Minum Kopi
Ilustrasi (Rudi Fargo/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada hari tanpa kopi? Pecinta kopi tentunya tidak lupa untuk minum kopi di setiap harinya. Secangkir kopi bisa membantu Anda melawan depresi sehingga tubuh menjadi rileks. Namun, Anda perlu tahu bahwa kopi bisa meninggalkan noda pada gigi. Noda tersebut berasal dari asam tanat yang menyebabkan plak pada permukaan gigi hingga kecokelatan dan menguning.

Dilansir dari Healthline, Senin, 14 Juni, kopi juga mengandung bahan yang disebut tanin yaitu sejenis polifenol yang terurai dalam air. Tanin juga bisa ditemukan dalam minuman seperti anggur dan teh. Warna gigi yang menguning semakin membuat penampilan semakin terganggu. Inilah cara menghilangkan warna gigi kuning karena kopi.

Sikat Gigi

Tentunya Anda harus menyikat gigi setiap hari dengan cara yang benar. Sangat penting untuk Anda menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan gigi menguning. Setidaknya, Anda lakukan dua kali sehari selama 2 menit setiap kali Anda menyikat gigi Anda. Anda bisa menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih karena mengandung bahan abrasif ringan yang menggosok gigi untuk menghilangkan noda di permukaan gigi.

Baking Soda

Tak hanya untuk membuat kue saja, baking soda bisa Anda jadikan pasta gigi untuk menghilangkan noda yang menumpuk seperti plak dan bakteri. Inilah cara lain menghilangkan warna gigi kuning karena kopi. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Lalu, bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan air setelah Anda menyikat gigi dengan pasta tersebut.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dikatakan dapat menghilangkan plak dan bakteri pada mulut dengan cara memutihkan gigi hingga bersih. Anda bisa melakukannya dengan berkumur sebanyak satu hingga dua sendok teh minyak kelapa cair selama 10 hingga 30 menit.

Namun, Anda perlu berhati-hati jangan sampai minyak kelapa menyentuh bagian belakang tenggorokan dan juga menelan karena minyak tersebut mengandung racun dan bakteri dari mulut Anda. Maka dari itu, Anda perlu membuatnya ke toilet atau keranjang sampah karena dapat menyumbat saluran air. Setelah Anda berkumur, bilas mulut dengan air dan sikat gigi hingga bersih.

Cuka Apel

Anda perlu mengetahui bahwa cuka apel juga dapat membantu menghilangkan gigi kuning karena kopi. Namun, Anda perlu menggunakannya dengan jumlah yang sedikit. Anda bisa membuat obat kumur terbuat dari cuka apel dengan mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan 6 ons air. Lalu, Anda berkumur selama 30 detik dan kemudian bilas dengan air. Jangan lupa untuk tetap sikat gigi setelah berkumur.