9 Bahan Alami untuk Campuran Kopi, Bisa Jadi Sajian Minuman yang Sehat Sekaligus Unik
Ilustrasi kopi (Wade Austin Ellis on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa sajian minuman kopi kerap dicampur dengan berbagai bahan alami lainnya. Selain untuk menunjang kesehatan, mencampur kopi dengan bahan alami lain akan memperkaya rasa. Ada banyak bahan alami untuk campuran kopi yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Bahan Alami untuk Campuran Kopi

Berikut ini beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan tambahan campuran kopi. Anda bisa mencoba beberapa bahan berikut ini sesuai selera.

  1. Kunyit Bubuk

Kunyit yang telah diolah menjadi bubuk bisa jadi salah satu bahan alami campuran kopi. Perpaduan antara kafein dan curcumin yang terkandung pada kunyit akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati kopi. Efek warna yang akan ditimbulkan pun cukup menarik, yakni hitam pada kopi dan kuning pada bubuk kopi.

  1. Jahe

Kopi dan jahe yang dicampurkan bisa jadi sajian kuliner yang menyehatkan. Jahe membantu menghangatkan tubuh, sedangkan kopi mampu menambah konsentrasi. Selain itu, kopi jahe juga dipercaya membantu menurunkan kolesterol hingga meringankan gangguan pencernaan. Cara mencampurnya sangat sederhana, cukup bakar jahe lalu kupas kulitnya. Setelah itu campirkan jahe sebesar ibu jari pada secangkir kopi.

  1. Kayu Manis

Kayu manis biasanya dipakai sebagai salah satu bumbu masakan. Namun, kayu manis juga bisa disajikan dengan secangkir kopi. Kayu manis sendiri kaya akan zat antioksidan sehingga sangat berkhasiat disajikan pada kopi. Cara menyajikan kayu manis dan kopi juga beragam. Namun disarankan agar mencampurkan kayu manis yang berbentuk bubuk atau serbuk agar khasiatnya lebih terasa. Campurkan serbuk kayu manis pada secangkir kopi, lalu seduh dengan air panas. Aduk hingga semua bercampur.

  1. Kapulaga

Rasa kapulaga mirip jahe yang memberi sensasi pedas namun kaya akan nutrisi. Kapulaga yang dicampurkan di segelas kopi akan menambah rasa yang menarik, antara pahit dan pedas. Selain menimbulkan rasa yang unik, kopi kapulaga juga berkhasiat meredakan batuk, menghangatkan badan, hingga membantu meredakan gejala flu dan masuk angin.

  1. Jintan

Jintan adalah rempah yang mengandung zat besi. Rempah ini juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Mencampurkan jintan pada kopi tidak hanya memperkaya rasa, namun juga membantu mencegah penyakit. Cara menyajikan kopi-jintan juga tak beda jauh dengan pencampuran bahan lainnya. Hanya saja disarankan untuk melakukan penyaringan agar ampas tidak tertelan.

  1. Vanili

Vanili biasanya digunakan dalam pembuatan kue atau minuman manis. Pencampuran vanili dan kopi akan membantu menambah aroma harum.

  1. Madu Lebah

Rasa manis pada kopi tak melulu didapat dari gula, namun dari madu. Anda bisa mencampurkan berbagai jenis madu ke dalam secangkir kopi. Campurkan dua sendok makan madu ke dalam satu cangkir kopi lalu aduk hingga merata. Sajian ini akan membantu membersihkan racun dalam tubuh karena efek antioksidan.

  1. Mentega

Sajian kopi yang dicampur dengan mentega atau 'bullet proof coffee' sudah sangat populer. Efek mentega pada kopi akan menambah rasa gurih dan creamy yang lezat. Namun pengadukan mentega harus dilakukan dengan baik agar merata.

  1. Cengkeh

Cengkeh tak hanya akan memberikan efek pedas pada kopi, namun menambah keharuman pada kopi. Pengolahan sajian ini sederhana, Anda bisa memilih cengkeh yang sudah bubuk. Namun jika belum, Anda butuh saringan untuk menyaring ampas cengkehnya.

Itulah beberapa bahan alami untuk campuran kopi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.