Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pecinta kuliner Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kopi dan tape. Keduanya terbuat dari bahan yang berbeda, namun sering dipadukan untuk menghasilkan produk kuliner yang lezat. Tidak hanya sedap, manfaat minum kopi campur tape juga jadi pertimbangan mengapa minuman ini banyak digemari.

Perlu diketahui bahwa pencampuran minuman kopi hitam dengan tape sudah ada sejak lama. Bahkan sajian ini jadi salah satu menu khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Minuman ini bernama Kopi Susu Tape Bakung.

Rasa minuman kopi campur tape juga sangat unik karena memadukan gurihnya kopi dan manisnya tape. Meski begitu aroma kopi cukup kuat sehingga tidak menghasilkan aroma baru. Beberapa penjual juga mencampurkan susu atau campuran lain agar rasanya makin nikmat.

Manfaat Minum Kopi Campur Tape

Di luar dari rasa, aroma, dan bentuknya, minuman kopi tape punya segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh peminumnya. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Fokus dan Suasana Hati

Kandungan kafein pada minuman kopi tape memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah membantu meningkatkan fokus dan memperbaiki suasana hati. Manfaat kopi hitam campur tape juga akan didapat mengingat minuman ini tidak dicampur pemanis apapun.

Dilansir dari AI Care, kafein mampu menjadi stimulan untuk meningkatkan suasana hati, menambah kewaspadaan, hingga mengurasi rasa kantuk yang menyerang. Kafein juga mampu menambah kadar neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin yang punya kontribusi penting pada peningkatan rasa bahagia dan kepuasan.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Salah satu jenis tape yang kerap dijadikan campuran minuman kopi adalah tape ketan. Secara tidak langsung tape ketan punya manfaat yang luar biasa untuk pencernaan.

Dilansir dari Era.id, tape ketan mengandung bakteri baik. Bakteri tersebut berjasa memperbaiki flora usus serta menjaga fungsi pencernaan tetap terjaga dengan baik. Selain itu tape juga menjadi sumber probiotik yang alami yang tidak hanya menjaga sistem pencernaan namun juga memperkecil risiko infeksi di usus.

  1. Sumber Energi

Kandungan karbohidrat kompleks pada tape ketan yang jadi campuran kopi mampu menyediakan sumber energi untuk tubuh. Hal itu terjadi karena rasa manis yang terkandung pada tape sehingga dapat diubah menjadi glukosa yang kemudian diserap oleh tubuh untuk menjadi sumber energi.

Perlu diketahui bahwa rasa manis dari tape bukan berasal dari gula, melainkan akibat proses fermentase tape yang memecah karbohidrat jadi glukosa.

  1. Menyehatkan Saraf dan Sel Otot

Salah satu manfaat tape adalah membantu meningkatkan kadar vitamin B1 dalam tubuh. Vitamin tersebut diketahui mendukung kesehatan saraf serta sel otot.

  1. Mencegah Anemia

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Jurnal Graha Pengabdian pada tahun 2021, mengonsumsi tape membantu mengurangi risiko anemia. Hal itu terjadi karena mikroorganisme yang digunakan untuk proses fermentasi menghasilkan vitamin B12. Vitamin tersebut yang berperan untuk pencegahan anemia.

Itulah beberapa manfaat minum kopi campur tape. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.