Bagikan:

YOGYAKARTA – Efek minum kopi tanpa gula setiap hari ternyata tidak selalu baik untuk kesehatan. Meski bisa membuat tubuh menjadi segar dan berenergi, terlalu banyak minum kopi hitam bisa memicu terjadinya insomnia, kecemasan, gangguan pencernaan, dan kenaikan irama denyut jantung.

Artikel berikut ini akan membahas manfaat minum kopi tanpa gula setiap hari beserta efek sampingnya.

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

Perlu Anda ketahui, di dalam kopi hitam terkandung kafein, kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, zat besi, vitamin E, vitamin K, dan niacin juga ada dalam kopi hitam meski jumlahnya sedikit.

Berikut ini adalah manfaat konsumsi kopi hitam setiap hari yang bisa Anda rasakan:

1. Membantu menurukan berat badan

Konsumsi kopi hitam pahit atau tanpa gula setiap hari bisa bantu menurunkan berat badan. hal ini karena kandungan kafein di dalamnya yang bisa membantu mengendalikan berat badan dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

2. Menambah stamina

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi hitam bisa merangsang sistem saraf pusat, sehingga bisa menambah stamina dan menjaga energi dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, kafein dalam kopi bisa meningkatkan daya tahan otot dan mencegah tubuh menjadi cepat lelah ketika berolahraga atau latihan fisik.

3. Mencegah depresi

Efek konsumsi kopi hitam setiap hari tanpa gula juga dapat mencegaah depresi. Manfaat ini didapat berkat kandungan kafein yang merangsang sistem saraf pusat.

Tak hanya itu, kafein juga berperan dalam meningkatkan senyawa kimia dopamine dalam otak yang berkaitan dengan suasana hati.

4. Mengurangi risiko penurunan kinerja otak

Kemampuan otak manusia akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini bisa memicu terjadinya penurunan daya piker dan daya ingat, seperti Alzheimer dan demensia.

Risiko ini ternyata bisa diturunkan dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Kandungan kafen dan antioksidan di dalam kopi bisa mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Dengan begitu, risiko terjadinya penurunan kerja otak bisa ditekan.

Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

Meski konsumsi kopi hitam tanpa gula bisa memberikan banyak manfaat, efek sampingnya juga tidak dapat dibantah.

Efek samping tersebut dapat muncul bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebih atau selama memiliki kondisi medis tertentu.

Berikut ini adalah efek samping yang mungkin muncul akibat minum kopi hitam dalam jumlah berlebih setiap hari.

1. Meningkatkan kecemasan dan stres

Minum kopi hitam dalam jumlah berlebih bisa melepaskan hormon stress dalam kadar tinggi di dalam tubuh. Bila hal ini terjadi, Anda akan mengalami kecemasan dan stres. Sehingga saat minum kopi hitam terlalu banyak, Anda akan merasa gelisah.

2. Mengganggu rutinitas tidur

Minum kopi hitam terlalu banyak setiap hari juga dapat mengganggu rutinitas tidur. Oleh sebab itu, hindari minum kopi hitam sebelum tidur, agar Anda bisa tidur lebih pulas.

3. Meningkatkan risiko kram dan kejang perut

Di atas telah disinggung bahwa kopi hitam mengandung kafein dan bersifat asam. Bila dikonsumsi berlebihan, bisa meningkatkan keasaman di lambung. Akibatnya, Anda akan mengalami kram dan kejang perut.

4. Meningkatkan irama denyut jantung

Efek minum kopi tanpa gula setiap hari yang lainnya adalah meningkatkan irama denyut jantung. Kafein yang terdapat dalam kopi hitam bisa meningkatkan irama denyut jantung bila kadarnya berlebihan di dalam tubuh.

Selain itu, kondisi ini juga akan menyebabkan irama denyut jantung abnormal yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

Demikian informasi tentang efek minum kopi hitam tanpa gula setiap hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.