Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian mendengar nama dari planet Pluto? Soalnya beberapa tahun yang lalu memang nama pluto pernah disebut-sebut sebagai planet kesembilan di tata surya kita, walau pada akhirnya pernyataan itu ditarik. Yuk bahas fakta tentang pluto!

Secara umum pluto mengorbit pada Matahari secara langsung dan juga dikenal selaku planet katau di sebut Kuiper. Agar semakin mengenal planet pluto, kalian perlu menyimak beberapa fakta di bawah ini;

Fakta Tentang Pluto

Nama Pluto Diusulkan oleh Anak Berumur 11 Tahun. Dialah Venetia Burney, seorang siswi dari Oxford, Inggris. Pada saat penemuan planet kesembilan ini diumumkan pada 13 Maret 1930, planet tersebut belum dinamai.

Venetia, yang tahu bila nama Planet sebelumnya diambil dari nama Dewa Yunani, menganjurkan nama‘ Pluto’ yang merupakan nama Dewa Yunani Dunia Bawah.

Atas usaha kakeknya, Falconer Madan, kepala pustakawan di Perpustakaan Bodleian di Universita Oxford di Inggris, akhirnya nama‘ Pluto’ yang dicetuskan Venetia terpilih serta digunakan sampai saat ini.

I. Pluto Menjadi Planet Kerdil Sejak 2006

Pasalnya, temuan Eris pada 2003, membuat Pluto turun kasta dan menjadi Planet Kerdil. Sekaligus membuat IAU membuat definisi ulang tentang Planet.

Bagi IAU, Planet merupakan barang langit yang;

  • Terdapat di orbit mengelilingi Matahari,
  • Mempunyai massa yang cukup buat gravitasi diri dengan wujud ekuilibrium hidrostatik (hampir bulat), serta
  • “Bersih” dari gangguan objek lain di sekitar orbitnya.

II. Pluto merupakan Planet Kerdil Terbesar

Pada satu titik, Eris diperkirakan selaku planet kerdil terbesar. Saat ini, pada pengukuran yang sangat akurat diketahui kalau Eris mempunyai diameter rata-rata 2.326 kilometer dengan margin kesalahan 12 kilometer.

Sedangkan itu, diameter Pluto yaitu 2.372 kilometer dengan margin kesalahan 2 kilometer. Walaupun tipis, perihal tersebut cukup membuat Pluto selaku planet kerdil terbesar, menyingkirkan Eris.

III. Pluto Bukan Dunia Es

Seperti yang kita tahu, pluto memang planet yang dingin,. Permukaan Pluto juga ditutupi dengan esserta memiliki beberapa wilayah terang serta gelap, serpihan kawah, dan wilayah pegunungan.

Intinya, cuman ada sepertiga saja permukaan Pluto yang diliputi es, sedang dua pertiganya yang tersisa adalah batu. Makanya, lebih akurat kalau planet Pluto ini disebut dengan dunia berbatu dengan cangkang es.

IV. Pluto Sudah Didatangi oleh Pesawat Luar Angkasa

Pesawat ruang angkasa, New Horizons, yang diluncurkan pada tahun 2006, mencapai Pluto pada tanggal 14 Juli 2015. Pesawat tersebut mengambil serangkaian foto serta pengukuran lainnya.

Saat ini, New Horizons lagi dalam ekspedisi mengarah Sabuk Kuiper buat menjelajahi objek yang lain yang lebih jauh. Lebih jelasnya baca: “Tatkala Pluto Tak Lagi Dianggap Planet dalam Sejarah Hari Ini, 24 Agustus 2006”.

V. Pluto Mempunyai 5 Satelit

Yang pertama sekaligus yang terbesar yakni Charon, ditemui pada tahun 1978. Selanjutnya, Hydra serta Nix, yang keduanya ditemui pada 2005.

Pada 2011, giliran Kerberos yang ditemukan. Terakhir, Styx yang ditemui setahun sehabis temuan Kerberos.

VI. Pluto Lebih Kecil dari Beberapa Satelit

Ganymede (satelit terbanyak di Tata Surya), Titan, Callisto, Io, Europa, Triton, serta Bulan mempunyai dimensi yang lebih besar daripada Pluto. Selaku gambaran, diameter Pluto cuma sekitar 66% diameter Bulan serta massanya cuma 18% dari massa Bulan.

Walaupun begitu, Pluto tetaplah planet kerdil terbesar. Setelah selama sekitar 10 tahun, Eris memegang predikat tersebut.

VII. Pluto Terkadang Mempunyai Atmosfer

Ketika orbit elips Pluto telah membawanya mendekati Matahari, permukaan es bakal mencair dan membuat atmosfer tipis, apalagi nitrogen yang lama-kelamaan terlepas dari plamet ini. Begitu pula kabut yang mengandung metana yang melayang sekitar 161 km di atas permukaan.

Nantinya metana itu akan dipisah oleh Cahaya matahari menjadi hidrokarbon yang jatuh kepermukaan serta menyelimuti es dengan penutup gelap. Ketika pluto bergerak menjauh dari Matahari, atmosfir kemudian membeku dan berubah lagi menjadi padat.

Jadi setelah mengetahui fakta tentang Pluto, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!