Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian orang suka minum kopi dengan mencampurkan bahan lain untuk menambah cita rasa berbeda. Misalnya memasukkan susu, jahe, serai, bahkan telur ke dalam secangkir kopi. Banyak yang bertanya, bolehkah kopi dicampur kayu manis?

Kayu manis merupakan rempah berupa kulit kayu yang kerap diolah sebagai bahan minuman atau makanan. Kayu manis sering dikonsumsi karena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Banyak orang memanfaatkan kulit kayu ini untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. 

Jika ada pertanyaan bolehkah kopi dicampur kayu manis, maka jawabannya adalah boleh. Rempah beraroma harum ini dapat menjadi pemanis alami ketika diseduh bersama kopi. Selain itu, campuran kopi dengan kayu manis juga menjadi minuman yang menyehatkan. 

Beberapa orang suka menikmati racikan kopi yang dicampur kayu manis. Adanya kayu manis ini dapat menambah manfaat pada secangkir kopi bagi peminumnya. Lantas apa saja khasiat yang bisa didapatkan dari minum kopi campur kayu manis?

Racikan Kopi Dicampur Kayu Manis

Sebagai minuman yang kerap dikonsumsi sehari-hari, kopi dapat ditambahkan dengan campuran kayu manis. Racikan ini bisa menambahkan kenikmatan rasa kopinya sekaligus menghadirkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Kayu manis memiliki kandungan senyawa ‘cinnamaldehyde’ yang menghasilkan aroma dan rasa pedas yang kuat. Di samping itu, rempah kulit kayu ini juga menyimpan sejumlah nutrisi penting seperti protein, serat, kalsium, fosfor, dan zat-zat yang bersifat antioksidan. 

Dengan adanya beragam kandungan tersebut, kayu manis bisa diolah sebagai racikan kopi yang menyehatkan. Minuman ini dapat dinikmati sebagai upaya mencegah bermacam penyakit atau masalah kesehatan. 

Manfaat Kayu Manis yang Dicampurkan ke Dalam Kopi

Kayu manis atau rempah bernama lain cinnamon ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai bahan obat-obatan. Sudah selama ribuan tahun, orang-orang zaman dulu hingga sekarang menggunakan kayu manis untuk cara pengobatan alami. 

Kayu manis menyimpan antioksidan kaya yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Campuran kayu manis bisa menambahkan antioksidan yang sebenarnya sudah terdapat dalam minuman kopi itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat kayu manis pada minuman kopi yang penting untuk diketahui:

Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan adalah membantu melawan infeksi jamur dan bakteri. Senyawa Cinnamaldehyde dalam kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan berbagai jenis bakteri. 

Selain itu, minyak kayu manis juga efektif dalam mengatasi infeksi jamur. Efek antimikroba dari kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut. Mengonsumsi minuman yang dicampur kayu manis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, mencampurkan kayu manis ke dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Khasiat ini dapat memembantu dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Komponen aktif cinnamaldehyde dan asam cinnamic dapat berfungsi melindungi jantung karena kemampuannya menghasilkan oksida nitrat dan sifat anti-inflamasinya. Sebuah studi juga menyimpulkan bahwa konsumsi kayu manis sebanyak 120 mg per hari dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Mengonsumsi kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Menambahkan kayu manis ke dalam secangkir kopi dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan otak.

Kayu manis mengandung fitokimia atau nutrien yang berasal dari tumbuhan. Kandungan nutrien ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan otak manusia dalam memanfaatkan glukosa.

Mencegah Diabetes

Kayu manis dapat berfungsi seperti insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula darah dengan mengubahnya menjadi energi. Dengan manfaat tersebut, penggunaan bubuk kayu manis dapat mencegah penyakit diabetes. Kayu manis juga dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada penderita diabetes.

Demikianlah jawaban dari bolehkah kopi dicampur kayu manis. Anda bisa menyeduh kopi dengan menambahkan kayu manis untuk mendapatkan rasa lebih nikmat dan berbeda, serta memperoleh khasiat tersendiri. Racikan ini cocok bagi Anda yang bosan dengan minuman kopi biasa atau bahan tambahan lainnya. Baca juga 9 bahan alami untuk campuran kopi

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.