4 Tips Sehat Minum Kopi Untuk Cegah Asam Lambung Naik
Ilustrasi Minum Kopi (Valeria Boltneva-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Minum kopi di pagi hari memang ampuh menjadikan tubuh lebih segar dan menghilangkan kantuk. Tapi sebagian orang menghindari minum kopi di pagi hari karena dipercaya bisa memberi efek buruk bagi kesehatan, terutama bagian pencernaan.

Buat Anda yang masih takut minum kopi di pagi hari, jangan khawatir. Sebab ada beberapa tips sehat minum kopi di pagi hari. Apa saja itu?

Minum segelas air

Sebelum memulai hari dengan secangkir kopi di pagi hari, alangkah baiknya minum air putih terlebih dahulu. Pasalnya kopi memiliki sifat diuretik yang bisa memicu kehilangan cairan. Untuk itu, minum segelas air putih dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Hindari pemanis buatan

Dilansir dari laman Mayoclinic, sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi pemanis buatan secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan stroke. Jadi, hindari gula tambahan atau gunakan secukupnya.

Takaran gula

Kalau Anda tetap ingin menambahkan gula dalam secangkir kopi, maka disarankan menggunakan sendok gula sebagai takaran agar tidak berlebihan. Jumlah takaran minimal setengah sendok teh dan maksimal dua sendok teh.

American Heart Association mengatakan bahwa asupan gula harian yang disarankan adalah enam sendok teh.

Dengan menggunakan takaran, Anda bisa tahu berapa jumlah gula yang digunakan untuk membuat kopi. Sehingga menghindari konsumsi gula secara berlebihan.

Menambahkan rempah

Beberapa orang menganggap cara ini aneh. Sebab, pada dasarnya minum kopi tidak dicampur apapun. Tetapi, tidak salahnya menambah rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Hal ini karena tidak hanya memberikan rasa dan aroma kopi, rempah juga meningkatkan antioksidan di dalamnya.

Gunakan air yang telah disaring

Meskipun air yang digunakan untuk membuat kopi telah direbus terlebih dahulu, belum tentu air tersebut bersih dari campuran logam berat yang terdapat pada pipa air.

Selain itu, air keran juga mengandung banyak desinfektan klorin yang berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Saring air terlebih dahulu sebelum menyeduhnya dengan kopi untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dan tentunya lebih sehat.

Gunakan kertas filter

Kopi yang telah dibuat bisa saja mengandung zat kafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Menyaring kopi menggunakan kertas filter dapat menyingkirkan zat-zat berbahaya tersebut dan tetap menjaga kandungan kafein dan antioksidan di dalamnya.