Bintang <i>Riverdale</i>, Ryan Grantham Dihukum Penjara Seumur Hidup karena Bunuh Ibu Kandung
Ryan Grantham (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Ryan Grantham divonis hukuman penjara seumur hidup setelah terbukti menjadi tersangka pembunuhan ibu kandungnya. Aktor Riverdale itu mengaku bersalah karena membunuh ibunya, Barbara Waite pada Maret 2020.

Melansir People, Ryan Grantham divonis di Pengadilan British Columbia, Vancouver pada Rabu, 21 September lalu. Ia tidak bisa mengajukan pembebasan bersyarat selama 14 tahun.

Kasus terjadi ketika Grantham berusia 21 tahun. Ia menembak sang ibu ketika ibunya sedang bermain piano. Setelah 31 Maret 2020, ia dikabarkan merencanakan hal serupa kepada Perdana Menteri Justin Trudeau.

Ia menyiapkan sebuah mobil berisi tiga senjata, peralatan camping, dan sebuah peta menuju Rideau Cottage, tempat tinggal Justin Trudeau bersama keluarga.

Grantham bahkan sudah mempersiapkan amunisinya dan hendak pergi ke Rideau Cottage. Namun rencana itu batal dan Grantham justru pergi ke kantor polisi untuk menyerahkan diri.

Tidak sedikit yang menduga bahwa Ryan Grantham memiliki gangguan kesehatan mental. Dua psikiater dalam persidangan melaporkan sang aktor mengalami depresi selama dua bulan sebelum kejadian tersebut.

Pengacara Grantham, Chris Johnson mengatakan aktor itu tidak terkejut dengan kasus ini.

CBC melaporkan alasan Grantham melakukan hal itu agar sang ibu tidak melihat tindakan kekerasan yang ia akan lakukan. Mayat sang ibu ditemukan pada 1 April oleh saudara Ryan, Lisa Grantham.

“Dia adalah orang yang rentan dan Ryan tidak memberi dia kesempatan untuk membela diri. Sangat sakit ketika tahu dia berbahaya untuk hidup ibuku,” kata Lisa Grantham merilis pernyataan ke pengadilan.

Ryan Grantham adalah aktor yang sudah membintangi puluhan judul film dan serial. Beberapa film yang ia lakoni di antaranya Barricade, Jumper, dan Marley & Me: Puppy Years. Ia juga sempat tampil dalam serial Riverdale.