Los Angeles Tetapkan 17 September Sebagai Hari Squid Game
Lee Jung Jae - Oh Young Soo (Noh Juhan/Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Los Angeles menetapkan 17 September sebagai Hari Squid Game. Hari ini berkaitan dengan prestasi yang diterima serial asal Korea Selatan itu sepanjang tahun.

Melansir NME, Kongres Korea-America John Lee mengumumkan pada Rabu, 7 September bahwa dewan kota menyetujui adanya Hari Squid Game. Nantinya, mereka akan memperingati serial tersebut setiap tanggal 17 September.

Tanggal 17 September dipilih karena Squid Game dirilis pada tanggal tersebut di Netflix pada tahun 2021.

Mungkin ini menjadi yang pertama bagi Amerika Serikat untuk menetapkan sebuah serial sebagai perayaan. Bukan hanya Squid Game menjadi serial yang paling banyak ditonton, tapi serial ini menjadi gebrakan baru bagi program di Asia.

Serial Squid Game dianggap mendobrak batasan bahwa serial berbahasa asing tidak bisa mendapatkan atensi karena kendala bahasa. Namun berkat berkembangnya konten Korea secara global, Squid Game juga ikut berperan dalam perkembangan tersebut.

Squid Game menandai kemenangan lain dalam mempertaruhkan representasi komunitas AAPI (Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik) di film dan hiburan,” lanjutnya.

“Serial ini juga membuka jalan untuk komunitas AAPI lainnya untuk menceritakan kisah mereka,” katanya.

The Korea Times menyebut perayaan ini akan digelar di LA City Hall pada Jumat, 9 September. Selain dihadiri walikota Eric Garcetti, acara ini turut dihadiri sutradara Hwang Dong Hyuk serta CEO rumah produksi Siren Pictures Kim Ji Yeon.

Aktor Lee Jung Jae sebagai pemeran utama dalam serial Squid Game juga dikonfirmasi hadir dalam perayaan ini.

Squid Game merupakan serial Netflix yang mencapai titik kesuksesan sepanjang tahun 2021 hingga saat ini. Serial ini juga memperoleh nominasi dan penghargaan di beberapa ajang internasional.

Kesuksesan tersebut membuat Hwang Dong Hyuk dan Netflix berencana melanjutkan cerita Squid Game. Mereka juga mengadakan kuis live show yang memiliki konsep seperti serialnya.