Review Film <i>Alienoid</i>, Perpaduan Genre dengan Ide Gila
Ryu Jun Yeol (CJ Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Usaha industri Korea Selatan untuk menguasai dunia fiksi ilmiah. Pada tahun 2021, ada Space Sweepers yang menarik perhatian publik dan disebut cikal bakal berkembangnya genre fiksi ilmiah di negeri ginseng.

Tahun ini, ada Alienoid, film terbaru garapan Choi Dong Hoon yang mengarahkan The Thieves dan Assassination.

Tidak tanggung, dalam comeback ini, Choi Dong Hoon menghadirkan sederet bintang papan atas Korea Selatan, sebut saja Ryu Jun Yeol, Kim Woo Bin, Kim Tae Ri, So Ji Sub, Yum Jung Ah, Jo Woo Jin, Kim Eui Sung, Lee Ha Nee dan lainnya.

Alienoid menceritakan Penjaga (Kim Woo Bin) yang bekerja menjaga tahanan alien yang hidup dalam tubuh manusia. Suatu ketika mereka berhasil menangkap tahanan dari abad ke-14 dan membawa bayi manusia ke abad ke-21.

10 tahun berlalu, beberapa tahanan kriminal tidak sengaja kabur ke Bumi dan membuat Bumi terancam.

Penjaga dibantu robot Thunder (Kim Dae Myung) bekerja sama untuk mengembali tahanan alien ke penjara. Konflik antara Penjaga dan tahanan alien membuat portal waktu terbuka dan menghubungkan abad ke-14 dan ke-21.

Abad ke-14 di mana era Goryeo, seorang seniman bela diri bernama Mureok (Ryu Jun Yeol) yang mencari pedang legenda. Tidak hanya Mureok, pemimpin geng rahasia Jajang (Kim Eui Sung) juga mencari pedang dengan tujuan lain.

Dalam perjalanan itu, Mureok bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Lee Ahn (Kim Tae Ri) yang dikenal andal menggunakan pistol.

Alienoid bisa dikatakan sebuah ide yang gila dengan eksekusi luar biasa. Premis teleportasi waktu mungkin sering dijumpai dalam drama fantasi. Namun ini jadi tugas Choi Dong Hoon untuk meramunya lebih baik.

Penceritaan abad ke-14 dan ke-21-nya sangat berimbang dengan banyaknya karakter yang perlu dijelaskan. Perpindahan alur antara masa lampau dengan masa kini jadi menyenangkan karena dibarengin dengan aksi memukau serta komedi dari dialog para pemain.

Rasanya sulit menjabarkan hal tersebut karena khawatir tulisan ini akan jadi spoiler. Selain itu ada banyak kejutan yang hadir di sepanjang penceritaan. Beberapa di antaranya bahkan tidak asing bagi penikmat drama Korea.

Soal sinematografi, Alienoid tampil sempurna dengan berbagai adegan yang membuat penonton terkagum. Belum lagi, shoot yang dibuat memperkuat karakter misalnya aksi Lee Ahn menghindari serangan dari musuh.

Apalagi menyoal akting. Ensembel pemain Alienoid hadir dengan akting yang berbeda dari karakter mereka sebelumnya. Jika Kim Woo Bin dikenal dengan karakter yang dingin, kali ini ia tampil beda.

Begitu juga dengan Ryu Jun Yeol yang dikenal dengan perannya sebagai pria yang lurus dan konsisten. Lewat Alienoid, ia berperan sebagai seniman yang penuh komedi.

Sayangnya, durasi panjang Alienoid masih meninggalkan banyak pertanyaan. Pun dengan film ini, masih banyak karakter yang belum dijelaskan.

Terlepas dari itu, Alienoid adalah perpaduan genre yang luar biasa dengan cerita yang menarik. Menonton film ini bisa jadi pengalaman sinema yang menyegarkan.

Film Alienoid bisa disaksikan mulai hari ini, Rabu, 27 Juli di jaringan bioskop CGV, Cinepolis, Flix, dan lainnya.