Nonton Lagi Film Gie, Kisah Hidup Demonstran Soe Hok Gie yang Diperankan Nicholas Saputra
Film Gie

Bagikan:

JAKARTA - Film Gie adalah biografi bergenre drama politik yang adaptasi dari buku catatan seorang demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie. Film yang berdurasi 147 menit ini disutradarai oleh Riri Riza dan dirilis pada bulan Juli 2005.

tvOne akan memutar film spesial Gie pada hari Minggu, 17 Juli 2022 pukul 20.00 WIB. Film Gie dibintangi oleh aktor dan aktris ternama yaitu Nicholas Saptura, Sita Nursita, Lukman Sardi, dan Wulan Guritno.

Pada tahun rilisnya, film Gie berhasil mendapatkan 3 penghargaan di Piala Citra yaitu pada kategori film cerita panjang terbaik, pemeran utama pria terbaik, pengarah sinematografi terbaik. Kemudian, pada tahun 2006 mendapatkan penghargaan pemeran utama pria terpuji di Festival Film Bandung dan most favorite actor dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2006.

Film ini mengisahkan tentang Soe Hok Gie (Nicholas Saputra) seorang pemuda keturunan Tionghoa. Soe Hok Gie dikenal sebagai aktivis dan penulis yang sangat kritis pada era 1960-an. Nama panggilan Gie, seseorang dengan prinsip hidup yang jujur, lurus dan berani mengambil sikap.

Ideologinya membuat dia sulit diterima oleh lingkungannya. Memasuki usia dewasa ketika duduk di bangku perkuliahan Gie menjadi lebih rumit lagi. Di Kampus, yang seharusnya bersih dari imbas pergulatan politik negara ternyata menjadi ajang trik dan intrik politik partai yang ada. Ketika negara genting akibat krisis pasca G30S, dia aktif dalam pergerakan menjatuhkan rezim Orde Lama.

Akan tetapi yang terjadi adalah kemunculan rezim baru. Saat orang-orang disekitarnya mulai beradaptasi rezim yang baru, dia tetap memegang prinsip masunia yang merdeka. Tulisannya di surat kabar menyerang semua yang dianggapnya keliru.