Siapa Sharon Florencia, Karyawan Bank Mandiri yang 'Loncat' Jadi Menteri BUMN Gantikan Erick Thohir
Sharon Florencia, sosok perempuan yang dalam seharian ini, Kamis 30 September gantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. (Foto Instagram @sharonflorencia)

Bagikan:

JAKARTA - Erick Thohir "melepas" jabatannya sebagai Menteri BUMN selama sehari ini, Kamis 30 September. Sosok yang menggantikannya adalah Sharon Florencia, perempuan yang terpilih dalam program kampanye kesetaraan gender Kementerian BUMN, bertajuk #GirlsTakeover.

"Sharon akan memimpin rapat pimpinan. Ada dua agenda yang akan dibahas, yakni soal program kesetaraan gender dan dukungan kementerian BUMN untuk bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM," ujar Erick Thohir, dikutip dari Antara.

Lantas siapa sebenarnya Sharon Florencia?

Dipantau dari akun Instagram pribadinya yakni @sharonflorencia, perempuan berusia 24 tahun ini adalah karyawan salah satu BUMN, yakni PT Bank Mandiri Tbk. Ia merupakan lulusan Psikologi UGM dengan predikat cum laude.

Sharon Florencia yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, diangkat sebagai karyawan Bank Mandiri sejak 19 Mei 2019. Saat rekrutmen bank BUMN tersebut, dia terpilih sebagai best graduate office development program (ODP).

Dari posisinya sebagai karyawan bank BUMN, hari ini Sharon Florencia langsung "loncat" menggantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Dia bersama 6 peserta program #GirlsTakeover, terpilih dari sekitar 7 ribuan pendaftar.

Sementara 5 perempuan finalis program tersebut, di hari yang sama juga akan berperan memimpin BUMN sebagai direktur utama (Dirut) di 5 BUMN. Kelima BUMN tersebut yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Angkasa Pura I, Kimia Farma, dan Telkomsel.

Sebagai informasi, #GirlsTakeover adalah sebuah program kampanye global yang dilakukan setiap tahun secara serentak oleh Plan International untuk memperingati Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada 11 Oktober.

Sejak 2016, Plan International telah memfasilitasi lebih dari 650 anak untuk mengambil alih sekitar 5,228 posisi strategis. Di Indonesia, Plan Indonesia telah memfasilitasi puluhan anak perempuan yang telah menduduki posisi lima menteri dan 20 posisi petinggi lainnya.

Menteri BUMN, Erick Thohir bersama dengan peserta #GirlsTakeOver. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Tahun ini, #GirlsTakeover 2021 merupakan bagian dari rangkaian kampanye #RaisetheBar untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja. Plan Indonesia menyelenggarakan #GirlsTakeover 2021 bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Srikandi BUMN pada awal Oktober 2021.