Karyawan Bank Mandiri Sharon Florencia Jadi Menteri BUMN Sehari, Erick Thohir: Bukan Titipan!
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama dengan Sharon Florencia. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa lolosnya finalis 'girls take over BUMN 2021' Sharon Florencia untuk menggantikan dirinya sebagai Menteri BUMN murni karena kemampuan Sharon bersaing dengan 7.000 finalis lainnya. Ia juga menekankan tidak ada unsur 'titipan' dalam pemilihan tersebut.

Seperti diketahui, Sharon Florencia yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, diangkat sebagai karyawan Bank Mandiri sejak 19 Mei 2019. Saat rekrutmen bank BUMN tersebut, dia terpilih sebagai best graduate office development program (ODP).

"Tidak ada titipan kan? Tidak ada ya? Kita (Kementerian BUMN) tidak ikut menyeleksi (finalis) kan? Enggak. Jadi saya senang, dari 6 yang terbaik ada dua talenta dari BUMN," ucap Erick, saat ditemui di Telkom, Kamis, 30 September.

Erick beberapa di tahun-tahun yang akan datang, semakin banyak talenta muda BUMN yang mengikuti program 'Girls Take Over' dan bersaing secara terbuka dengan finalis lainnya.

"Saya berharap di tahun-tahun depan semakin banyak juga BUMN, talenta muda BUMN mau bersaing secara terbuka, seperti hari ini saya mendapatkan dua figur Sharon sama Putri, yang satu talenta BUMN, yang satunya talenta Indonesia. Bukan dibedain BUMN dan Indonesia ya," tuturnya.

Erick mengatakan dijadikannya Sharon sebagai Menteri BUMN sehari merupakan bagian program "Forum Human Capital Indonesia" (FHCI). Di mana hal ini sebagai komitmen terwujudnya kesetaraan gender (gender equality) di lingkungan BUMN.

"Saya sangat berharap tadi program human capital itu mesti menjadi kunci dari perubahan transformasi yang ada di BUMN. Karena itu sejak awal ketika forum BUMN human capital mempresentasikan program 'girls take over' saya langsung menyambut," jelasnya.

Sekadar informasi, Sharon Florencia mulai hari ini menggantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN selama satu hari. Sharon bersama 6 peserta program #GirlsTakeover, terpilih dari sekitar 7 ribuan pendaftar.

Sementara 5 perempuan finalis program tersebut, di hari yang sama juga akan berperan memimpin BUMN sebagai direktur utama (Dirut) di 5 BUMN. Kelima BUMN tersebut yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Angkasa Pura I, Kimia Farma, dan Telkomsel.