Gojek Kini Punya Hampir 5 Persen Saham di Pengelola Hypermart Milik Konglomerat Mochtar Riady, Matahari Putra Prima
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Matahari Putra Prima Tbk punya pemegang saham baru. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek melalui anak usahanya PT Pradipta Darpa Bangsa, kini resmi ikut ambil bagian menjadi pemilik saham pengelola gerai Hypermart itu.

Dikutip dari keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu 12 Mei, pemegang saham pengendali MPPA, PT Multipolar Tbk (MLPL) menjelaskan, MLPL melepas sejumlah kepemilikan saham di MPPA. Dan salah satu pembelinya adalah PT Pradipta Darpa Bangsa.

Direktur Multipolar Agus Arismunandar mengatakan, perseroan telah melakukan transaksi pelepasan saham MPPA sebesar total 11,9 persen kepada 3 pembeli, yakni PT Pradipa Darpa Bangsa, Panbridge Investment Ltd., dan Threadmore Capital Ltd.

"Perseroan telah melakukan penjualan saham MPPA pada tanggal 6 April 2021 kepada 3 pihak tersebut di atas," ungkap Agus.

Adapun rincian dari 11,9 persen saham tersebut, PT Pradipa Darpa Bangsa menjadi pembeli dengan porsi terbesar yakni 4,76 persen atau setara dengan 358.530.900 saham.

Sebagai informasi, Multipolar adalah perusahaan yang dimiliki bos Lippo Group, konglomerat Mochtar Riady yang bergerak di bidang jasa aktivitas professional, ilmiah, dan teknis. Adapun PT Pradipa Darpa Bangsa merupakan anak usaha PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek.

Gojek memiliki 99,996 persen saham PT Pradipa Darpa Bangsa. Sementara sisanya 0,004 persen dimiliki PT Dompet Karya Anak Bangsa alias Gopay.

Co-CEO Gojek Andre Sulistyo juga diketahui menduduki posisi Komisaris Utama PT Pradipa Darpa Bangsa. Sementara Hans Patuwo menduduki kursi direktur utama dan Thomas Kristian Husted sebagai direktur. Kemudian, Threadmore Capital Ltd. membeli saham MPPA sebanyak 3,81 persen atau setara dengan 286.824.700 saham.

Threadmore Capital Ltd. merupakan perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands. Terakhir ada Panbridge Investment Ltd. yang membeli 3,33 persen saham MPPA atau setara dengan 250.971.600 saham. Sama seperti Threadmore Capital, Panbridge juga diketahui adalah perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands.