Jelang Lebaran Idulfitri 2021, Bank Indonesia Sebut Uang Pecahan Rp75 Ribu Laris di Banda Aceh
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jelang Lebaran atau Idulfitri 2021, Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani menyatakan permintaan Pecahan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK RI) Rp75 ribu sangat tinggi di Banda Aceh dan sekitarnya.

"Saat ini uang pecahan Rp75 ribu telah habis disalurkan di Banda Aceh dan di BI Lhokseumawe ada sekitar paling beberapa persen dari yang telah disiapkan," katanya di Banda Aceh, dikutip dari Antara, Rabu 5 Mei.

Pihaknya menyiapkan UPK75 sebanyak 1.100.000 lembar dan khusus di Banda Aceh sudah seluruhnya didistribusikan dan diserap oleh masyarakat dan perbankan wilayah Aceh.

Achris Sarwani merincikan untuk kebutuhan uang Perbankan dan masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri tahun 2021, pihaknya menyiapkan uang pecahan sebesar Rp1,4 triliun untuk wilayah Bank Indonesia Provinsi Aceh.

Adapun pecahan yang disiapkan tersebut terdiri dari pecahan Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000 dan ada sebagian kecil yang melakukan penukaran pecahan Rp20.000 dan Rp1.000.

Ia menambahkan, jelang Lebaran atau Idulfitri 2021 ini, Bank Indonesia tidak melakukan penukaran uang lebaran di tempat umum seperti sebelum terjadi COVID-19.

"Penukaran uang pecahan kecil (UPK) kepada masyarakat sudah diserahkan kepada Perbankan dengan loket khusus yang disediakan oleh Perbankan di seluruh Provinsi Aceh, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melakukan penukaran ke Bank," ungkap Achris.