Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia menggelar program kas keliling terpadu untuk layanan penukaran uang rupiah baru jelang lebaran bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) tahun 2024 untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat akan Rupiah layak edar di Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi bersama antara Bank Indonesia dengan Perbankan dan seluruh stakeholders dalam rangka memenuhi kebutuhan uang perbankan dan masyarakat pada periode Ramadan dan Idulfitri di wilayah Istora Senayan, Kamis, 28 Maret 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menyampaikan kegiatan SERAMBI ini baru pertama kali dilakukan secara terpadu bersama-sama perbankan serentak di satu tempat dari 28 Maret hingga 31 Maret 2024.

"Kalo tahun lalu, kami dan perbankan melakukan hal yang sama tapi di titik yang berbeda-beda, berdasarkan evaluasi dan masukan kami melihat perlunya satu kegiatan bersama di satu titik, sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan penukaran pada satu tempat dan kita lakukan di istora ini mulai tanggal 28 Maret 2024 hingga 31 maret 2024," jelasnya pada acara opening Serambi 2024, Kamis 28 Maret 2024.

Marlison menyampaikan terdapat 16 perbankan yang turut hadir dalam kegiatan layanan penukaran uang melalui aplikasi pintar dan setiap hari membuka kouta untuk 5000 orang per hari.

"Namun, sekiranya uang kita masih mencukupi masyarakat yang belum sempat memasuki aplikasi pintar dan go show, kita layanin dengan semaksimal mungkin sepanjang persedian uang masih ada," tuturnya.

Marlison menyampaikan terkait informasi yang beredar di media sosial di masyarakat terkait penukaran uang yang diberikan kepada masyarakat merupakan uang baru untuk kebutuhan Lebaran 2024, dan BI telah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) pada semua pecahan dengan tahun emisi 2022

"Uang yang kita berikan kepada masyarakat adalah uang baru tahun emisi 2022, jadi informasi di media sosial di masyarakat itu nggak benar, untuk lebaran ini kita ingin mendukung masyarakat berbagi di hari lebaran maka kami berikan uang baru sebagai budaya rutin di masyarakat," jelasnya.

Marlison menyampaikan BI menetapkan jumlah penukaran uang Rupiah untuk Lebaran 2024 maksimal Rp4 juta dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebesar Rp3,8 juta.

"Paketnya sama masih Rp4 juta, tahun ini kita naikan Rp4 juta dibandingkan tahun lalu hanya Rp3,8 juta dengan harapan pecahan yang mereka inginkan itu bisa terpenuhi," pungkasnya.