Bagikan:

JAKARTA - Belanja iklan tampak mulai meningkat sejak memasuki awal tahun 2021. Salah satu perusahaan media, yakni PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) pun mampu meraup pendapatan yang lebih tinggi pada kuartal I 2021, berkat pemasukan dari iklan yang meningkat.

Dikutip dari laporan keuangan Surya Citra Media yang dipublikasikan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu 2 Mei, pendapatan perusahaan milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja ini naik 7,69 persen menjadi Rp1,4 triliun pada kuartal I 2021 jika dibandingkan dengan Rp1,3 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Adapun pendapatan tiga segmen SCMA kompak naik.

Pendapatan iklan televisi naik 3,36 persen menjadi Rp 1,23 triliun. Pendapatan digital dan iklan luar ruangan melesat 52,28 persen menjadi Rp84,06 miliar. Pendapatan konten lainnya melonjak 49,58 persen menjadi Rp88,70 miliar.

Alhasil, laba bersih pemilik SCTV dan Indosiar ini meningkat 6,42 persen menjadi Rp331,53 miliar dari sebelumnya Rp311,52 miliar. Kenaikan laba SCMA yang lebih kecil ini salah satunya disebabkan oleh lonjakan beban keuangan yang mencapai Rp17,76 miliar dari sebelumnya hanya Rp391,27 juta.

Kenaikan beban keuangan ini menutupi adanya lonjakan bagian atas laba entitas asosiasi. SCMA mencatat bagian atas laba entitas asosiasi Rp9,77 miliar, melesat 41,18 persen secara tahunan. Kenaikan ini terutama berasal dari bagian laba Whisper Media Pte Ltd.