Jasa Marga Akan Bawa Anak Usahanya Melantai di Bursa
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk (Persero) menyatakan, sedang dalam proses mempersiapkan anak usahanya, PT Trans Jawa Toll Road melantai di Bursa Efek Indonesia melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). 

"Trans Jawa Toll Road kami siapkan untuk IPO dan prosesnya menunggu waktu yang tepat dari sisi valuasi," ucap Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal dalam sebuah webinar, Senin 8 Maret.

Menurut Donny, sebetulnya Jasa Marga memiliki 14 ruas tol di area Transjawa yang bisa dilakukan spin-off ke dalam subholding Jasamarga Transjawa Tol.

"Prosesnya menunggu timing yang tepat dari sisi valuasi. Jadi 14 konsesi yang berhubungan atau terkait dengan Transjawa akan kami spin-off ke dalam subholding tersebut," katanya.

Donny menjelaskan bahwa setelah itu Jasa Marga akan melakukan optimalisasi atau value enhancer dengan melakukan peningkatan dari sisi efisiensi maupun meningkatkan kinerja.

Dengan demikian ketika dijual atau ditawarkan kepada publik dapat memberikan hasil yang optimum dari sisi valuasi.

"Berapa valuasinya? Kami lagi hitung ulang dengan kondisi COVID-19 dan sebagainya, kami sedang mempersiapkan valuasi mestinya angkanya cukup signifikan mengingat terdapat 14 ruas di Transjawa yang Jasa Marga spin-off ke dalam Transjawa subholding," ujar Direktur Keuangan Jasa Marga tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa kemungkinan IPO Jasamarga Transjawa Tollroad ​​​​ini sekitar 1-2 tahun, dan mudah-mudahan pandemi COVID-19 segera mereda sehingga pendapatan Jasa Marga bisa kembali normal, dan untuk valuasi juga berdasarkan pendapatan dan cashflow dari subholding nantinya. Jadi Jasa Marga menunggu optimum timing.