Bagikan:

JAKARTA - Menjelang tahun 2024, fungsi bisnis utama dan jenis-jenis teknologi terbaru akan memicu transformasi jangka panjang dalam lanskap monitoring IT (pemantauan IT).

Untuk itu, Paessler, pakar monitoring infrastruktur dan jaringan IT mengungkapkan prediksinya terhadap outlook penting seputar lanskap IT di tahun 2024.

Meningkatnya peran infrastruktur IT fisik, seiring dengan pertumbuhan adopsi cloud

Transformasi digital merupakan satu-satunya hal yang akan terus berlanjut. Felix Berndt, Director Sales, Asia Pacific, Paessler AG, berpendapat bahwa mustahil untuk mengikuti setiap inovasi produk baru di era inovasi teknologi saat ini. Oleh karenanya, diperlukan kemampuan untuk mengembangkan kemampuan produk yang sudah ada.

"Pentingnya infrastruktur IT fisik memang tidak bisa dianggap remeh. Kita terhubung ke cloud melalui sambungan kabel dan perangkat, sehingga migrasi cloud menjadikan infrastruktur fisik semakin berperan penting dibandingkan sebelumnya," jelas Felix.

Ancaman siber

IT merupakan sistem saraf pusat dari setiap jenis bisnis saat ini. Dengan semakin vitalnya peran IT, semakin banyak pula data yang dihasilkan dan diproses, sehingga lanskap IT pun akan semakin rentan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pendekatan Zero Trust pada produk yang digunakan.

"Dengan menerapkan strategi zero trust, para pengambil keputusan dapat menjadi lebih yakin, karena mengetahui mereka selangkah lebih maju dari para penjahat siber, bahkan di tengah situasi yang sulit diprediksi sekalipun," jelas Felix.

Kemampuan monitoring untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

Lebih lanjut, Felix mengatakan, solusi monitoring akan memungkinkan perusahaan untuk meninjau titik-titik potensial tempat masalah yang biasa terjadi, sedangkan kemampuan pengamatan dapat membantu kita untuk mengidentifikasi hal-hal yang tidak terduga.

“Transparansi akan menjadi pembeda utama dalam persaingan di sini, karena akan memberikan gambaran lengkap tentang komunikasi dengan pelanggan yang belum pernah ada sebelumnya,” tambahnya.

Perpaduan antara AI dan manusia

Paessler memprediksi bahwa kolaborasi AI dna manusia menjadi sangat penting.

Meskipun perangkat lunak monitoring akan memberikan saran yang lebih baik dan lebih tajam, pengalaman dan kebijakan dari manajer IT adalah yang akan membantu memaksimalkan penyampaian nilai dari teknologi baru, bukan sebaliknya.