Hadir di G20 India, Sri Mulyani Bawa Misi RI jadi Pionir Transisi Energi Dunia
Foto: Dokumen Kemenkeu

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai pasar dan negara yang sedang berkembang, Indonesia memiliki peran kepemimpinan yang sangat krusial dalam transisi hijau menuju negara rendah karbon. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat berbicara pada acara High Level G20 Side-event: Seminar Achieving Growth-Friendly Climate Action and Financing for Emerging and Developing Economies, di India.

“Hal tersebut juga selaras dengan strategi rendah karbon dan resiliensi iklim jangka panjang Indonesia. Menuju 2050 dan komitmen kita untuk mencapai net zero pada 2060,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Senin, 17 Juli.

Menkeu mengungkapkan bahwa Indonesia juga terus meningkatkan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan lain seperti Green Climate Fund, Global Environmental Facility dan Adaptation Fund.

“Kerja sama ini harus dapat diterjemahkan menjadi aksi yang efektif dan kredibel. Terkait ini, saya pastikan Indonesia akan terus mengambil peran,” tegas Menkeu.

Bendahara RI berharap bahwa diskusi ini dapat menjadi forum yang baik untuk menemukan solusi bersama terkait transisi hijau. 

“Karena hal ini dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera sekaligus menjaga kelestarian dunia,” tutup dia.