Hadiri Pertemuan IMF-World Bank, Sri Mulyani Bahas Ekonomi Dunia hingga Konflik Timur Tengah
Menkeu Sri Mulyani (Foto; Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah berada di Washington DC untuk menghadiri Spring Meetings 2024 IMF-World Bank di Kantor Pusat IMF.

"Saya baru saja mendarat di Washington DC pukul 12 siang tadi dan hari ini langsung melakukan pertemuan. Kunjungan saya ke Washington DC untuk menghadiri pertemuan G20 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral yang akan mulai besok malam, dan juga pertemuan spring meeting yang mewakili Southeast Asia Voting Group Constituency," kata Sri Mulyani dikutip dari akun instagram @smindrawati, Rabu, 17 April 2024.

Sri Mulyani menyampaikan dalam pertemuan tersebut memiliki misi khusus, untuk berbicara mengenai kondisi perekonomian global, regional, dan nasional yang berubah sangat cepat dengan adanya konflik yang semakin panas di Timur Tengah dan juga ketegangan yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Selain itu, Menurut Sri Mulyani ketegangan di Timur Tengah akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian global, baik dari sisi harga komoditas, nilai tukar, dari sisi inflasi, dan suku bunga global.

"Ini merupakan waktu yang sangat kritikal bagi menteri-menteri keuangan G20 dan dalam IMF-WB untuk membahas tantangan pembangunan," ujarnya.

Sebelum menghadiri Spring Meetings, Sri Mulyani telah memulai aktivitas dengan menjadi pembicara di Brookings Institute, sebuah lembaga think-tank ternama di Washington DC terkait upaya pemerintah Indonesia mendukung transisi energi bagi banyak negara berkembang.

Selain itu, Sri Mulyani juga telah melakukan pertemuan dengan Presiden ADB Masatsugu Asakawa untuk berbicara mengenai program Energy Transition Mechanism (ETM) dan Asian Development Fund (ADF) Replenishments, hingga rencana kedepan dari Asian Development Bank.

"Besok kita akan banyak sekali pertemuan yang sangat penuh mulai dari jam 9 pagi hingga malam yaitu G20 Dinner," pungkasnya.