Rombak Pejabat Kemenkeu, Ini Harapan Sri Mulyani ke Anak Buahnya
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan melantik sejumlah pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada tengah pekan ini.

Banyak harapan yang disampaikan Menteri Keuangan melalui transformasi DJPK tersebut, diantaranya harapan dengan adanya kegiatan pelantikan ini dapat membuat kinerja DJPK semakin baik dan unggul sesuai dengan tugas dan fungsinya, termasuk mengenai pembagian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat besar, baik dari sisi geografis, jumlah penduduk, luas daratan, hingga keberagaman dari masing-masing daerahnya.

“Masih banyak pekerjaan rumah di sana yang harus kita lakukan. Apakah transfer itu betul-betul menyebabkan daerah bisa menjalankan fungsinya sebagai organ pemerintahan di dalam menciptakan masyarakat adil, makmur dan melayani masyarakat - Apakah betul fungsi yang didesentralisasi itu kemudian muncul dalam bentuk kinerja. Kinerja dari pemerintah daerah yang hasil akhirnya adalah output outcome yang bisa kita ukur,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi pada Jumat, 14 Juli.

Menurut Menkeu, melalui transformasi yang dilakukan DJPK akan mampu membangun pemikiran-pemikiran kritis serta mampu memupuk kerja sama dengan sinergi, baik antar bagian di dalam DJPK sendiri, antar unit di Kementerian Keuangan, hingga mampu berkolaborasi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga di pusat maupun di daerah.

“Buatlah teamwork yang betul betul kompak. Hilangkan ego masing-masing unit direktorat atau fungsional. Karena kalau itu yang terjadi, maka yang rugi adalah Indonesia,” tuturnya.

Fleksibilitas dalam menciptakan berbagai terobosan, inovasi, kreatifitas, dan solusi juga diharapkan Menkeu dapat diwujudkan oleh seluruh jajaran DJPK untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, sehingga kesejahteraan dan kemakmuran itu bisa terdistribusikan merata ke seluruh pelosok Indonesia.

“Jadi kalau kita lihat masih ada tantangan pembangunan di sini, kemiskinan ekstrim belum diatasi, stunting masih ada, adanya ketimpangan, adanya jalan yang rusak, ada anak-anak yang masih belum bisa sekolah, Anda harus gelisah dan harus bisa menjawab melalui tugas, fungsi dan seluruh kewenangan, serta sumber daya yang kita miliki,” tuturnya.

Untuk itu, Menkeu menghimbau agar seluruh jajaran DJPK dapat menjadi organisasi yang memprioritaskan kemajuan di daerah, dengan menggunakan dan menciptakan beragam instrumen kebijakan.

“Jadi tolong terus berambisi, melihat data, melihat masalah, membuat analisa, saling diskusi, exchange information, exchange knowledge, exchange experience, lihat negara lain, baca data negara lain, di-compare, dianalisa, kemudian dikeluarkan dalam bentuk formula-formula kebijakan yang makin kreatif. Jangan berhenti bereksperimen, dan setiap rupiah yang kita transfer tidak boleh menjadi rupiah yang sia-sia,” tegasnya.

Menkeu menambahkan, mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh tim yang baru dilantik.

Ia juga berpesan agar seluruh jajaran dapat terus bekerja dengan sebaik-baiknya dan berkomitmen untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Anda akan bekerja dengan etika dan Anda jelas tidak boleh mengkhianati dengan menjaga integritas. Selamat bekerja semuanya, selamat terus membangun Indonesia,” tutup dia.