Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada tengah pekan ini melanjutkan agenda resmi di Eropa dengan bertemu sejumlah pemimpin Inggris Raya. Hal itu diungkap bendahara negara melalui pesan tertulis.

“Salah satu agenda saya di London kali ini adalah berjumpa dengan kolega sesama Menteri Keuangan. Siang ini saya bertemu dengan Chancellor of the house Exchequer of the UK, Jeremy Hunt di kantornya 11 Downing Street,” ujarnya melalui @smindrawati Rabu, 21 Juni waktu setempat.

Menurut Menkeu, terdapat beberapa topik yang mengisi pembicaraan kali ini.

“Utamanya terkait kerja sama bilateral yang telah lama terjalin antara Indonesia dan Inggris Raya (Great Britain),” tuturnya.

Menkeu menjelaskan, dirinya dan Jeremy membahas pula soal Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun ini. Salah satu isu yang disorot adalah agenda prioritas Indonesia terkait ketahanan pangan yang sedang menjadi fokus krusial beragam flora dunia.

Disebutkan bahwa dampak dari ketegangan global perang Rusia - Ukraina tentu tidak terlewat dari topik, khususnya terhadap sektor perekonomian.

“Kami membahas bagaimana Indonesia dan Inggris dapat berperan untuk meredam dampak ini pada skala regional maupun global,” tegas dia.

Bendahara negara menambahkan, isu mengenai transisi energi yang kini menjadi salah satu prioritas Indonesia juga menghiasi perbincangan. Kata Menkeu, topik mengenai potensi-potensi kerja sama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris, utamanya dalam hal pembiayaan iklim dan juga pasar karbon yang lebih dahulu diimplementasikan oleh pemerintah Inggris.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Jeremy atas dukungannya terhadap Mutual Evaluation Report (MER) Indonesia dalam rangka pengajuan keanggotaan pada Financial Action Task Force (FATF). Keanggotaan Indonesia akan ditentukan pada FATF Plenary Session yang dilaksanakan pada 21 Juni 2023 di OECD Conference Center, Paris,” imbuhnya.

Menkeu menyatakan jika percakapan yang terbangun hangat dan penuh manfaat.

“Terima kasih banyak Jeremy! semoga hubungan kerja sama Indonesia dan Inggris dapat terus terjaga kini dan nanti! Dari Pertemuan dengan Chancellor of the Exchequer of the United Kingdom, The Right Honourable Jeremy Richard Streynsham Hunt MP,” tutup Menkeu Sri Mulyani.