Bagikan:

JAKARTA - Tiga perusahaan BUMN, yakni Pertamina, MIND ID, dan PLN, diperintahkan untuk segera membentuk tim risiko bisnis. Ini tindak lanjut dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat, 3 Maret.

Pembentukan tim risiko bisnis itu merupakan perintah dari Menteri BUMN Erick Thohir. Tim itu dinilai penting mengingat sejumlah aset BUMN merupakan objek vital nasional.

"Saya sudah meminta dan menghubungi untuk seluruh BUMN seperti MIND ID, Pertamina, PLN harus membentuk yang namanya tim risiko bisnis, tidak hanya di keuangan namun juga di operasional secara menyeluruh karena ini ada objek vital nasional," ujar Erick, seperti di

Dia juga akan mengkaji dan melihat apakah akan ada perbaikan dalam jangka menengah setelah terbentuknya tim risiko bisnis.

"Saya akan kaji, saya sudah minta investigasi dan pasti kita akan melihat apakah ada perbaikan untuk jangka menengah," katanya.

Sebelumnya, Erick akan menata ulang seluruh objek vital yang dikelola BUMN, baik itu Pertamina, PLN, dan Pupuk Indonesia agar memiliki batasan yang jelas dan aman bagi masyarakat.

Erick menyampaikan penataan ulang batasan objek vital nasional dengan permukiman menjadi sebuah keharusan agar insiden terbakarnya Terminal BBM Plumpang tidak terulang kembali.

Penataan ulang objek vital nasional harus dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar.