Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) perwakilan Tokyo, Jepang dikabarkan menempati gedung kantor baru di JP Tower Room 2619, 2-7-2 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo setelah sebelumnya berada di New Kokusai Building Room 906 No. 4 -1, Marunouchi 3 - Chome Chiyoda-ku.

Dalam siaran pers yang dikutip redaksi hari ini diketahui bahwa Gubernur BI Perry Warjiyo terbang langsung ke Tokyo untuk meresmikan kantor perwakilan tersebut.

“Kantor Bank Indonesia Tokyo yang baru diharapkan dapat meningkatkan peran Bank Indonesia sebagai bank sentral yang berkontribusi nyata dengan memperkuat sinergi dan terus berinovasi di berbagai bidang,” kata Perry, Jumat 9 Desember.

Dijelaskan bahwa ada tiga hal penting terkait dengan peranan kantor perwakilan luar negeri (KPwLN) Bank Indonesia. Pertama, dukungan infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan tugas Bank Indonesia di mancanegara

Kedua, peranan KPwLN dalam transformasi kebijakan internasional, di antaranya dalam menyusun asesmen ekonomi dan keuangan internasional.

“Analisis ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang kredibel bagi perumusan kebijakan BI di kantor pusat,” tuturnya.

Ketiga, peran strategis KPwLN Tokyo dalam menjalankan tugasnya bersinergi dengan berbagai stakeholders, termasuk KBRI Tokyo.

“Sinergi tersebut di antaranya dilakukan melalui berbagai penyelenggaraan forum investasi, dan promosi perdagangan untuk mendorong investasi ke Indonesia,” ujar Perry.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, mengapresiasi keberadaan BI di Tokyo yang selama ini banyak membantu kegiatan dalam diplomasi ekonomi, baik secara formal maupun informal.

“Semoga dengan kantor baru ini sinergi tetap terjalin semakin baik,” katanya.

Peresmian Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo juga turut dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, Pejabat Atase di KBRI Tokyo dan Indonesia Investment Promotion Center di Jepang, serta Pejabat Perwakilan BUMN di Jepang.