Gandeng Bank Mandiri, Kimia Farma Integrasikan Layanan Digital
Foto: Dok. Bank Mandiri

Bagikan:

JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait integrasi layanan digital kedua perusahaan. Di antaranya, Kimia Farma Mobile bakal terintegrasi dengan aplikasi Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, Pelayanan Payment Point Online Bank (PPOB) di semua jaringan apotek Kimia Farma.

Selain itu, kerja sama tersebut juga memungkinkan Bank Mandiri memberikan solusi value chain financing untuk ekosistem healthcare Kimia Farma.

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Direktur Utama Kimia Farma David Utama beserta Jajaran Direksi serta Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi bersama Direktur Treasury and Internasional Banking Bank Mandiri Panji Irawan.

“Melalui kerjasama ini, layanan yang berbasis mobile digital platform milik Kimia Farma yaitu Kimia Farma Mobile dan Livin’ by Mandiri, akan menjadi platform andalan setiap masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan,” ujar Direktur Utama Kimia Farma David Utama dalam keterangan kepada media, Selasa 4 Oktober.

Ia menjelaskan, melalui kerja sama ini, nantinya Kimia Farma Mobile akan dapat diakses melalui Livin’ di fitur Sukha, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk lebih mudah memenuhi kebutuhan produk dan layanan kesehatan sehari-hari, mempermudah bertransaksi serta mempermudah pembayaran tanpa perlu berpindah ke aplikasi lain dengan menerapkan konsep “one stop solution for all your lifestyle”.

Sementara Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, upaya percepatan transformasi bisnis, peningkatan kualitas serta perluasan layanan dan produk merupakan fokus utama perseroan dalam menghadirkan solusi perbankan bagi perusahaan dan ekosistemnya melalui Kopra by Mandiri, antara lain dengan solusi cash management dan value chain financing.

"Kerja sama ini menjadi wujud konsistensi kedua belah pihak, untuk saling mendukung dalam memberikan manfaat dan layanan terbaik kepada masyarakat lewat penyediaan layanan yang dapat diakses secara mudah, cepat dan aman," terang Darmawan.

Kopra by Mandiri hadir dengan berbagai fitur baru, antara lain Layanan On Boarding, Giro Online Now, Soft Token, Layanan Virtual Assistant, Other Bank Account Information, dan Kopra Mobile App.

Lebih lanjut, David mengatakan, kolaborasi ini juga akan mengintegrasikan 7 Solutions Kimia Farma Apotek dengan Kopra by Mandiri sebagai layanan wholesale digital single access.

Dalam hal ini, Kopra sebagai pusat transaksi finansial korporasi secara end-to-end akan mendukung 7 Solutions Kimia Farma Apotek sebagai digital platform yang mengintegrasikan ekosistem healthcare seluruh Indonesia.

Platform 7 Solutions ini nantinya akan memberikan kemudahan kepada setiap Rumah Sakit, klinik kesehatan, dan fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia dalam melaksanakan kegiatan transaksi, smart stock, omni channel, customer loyalty, big data, integrasi klinik, program rujuk balik, dan juga homecare.

Ke depannya, kolaborasi Kimia Farma dan Bank Mandiri juga akan mempermudah Kimia Farma dalam setiap pelayanan di offline store Kimia Farma Apotek. Layanan Mandiri Payment Point Online Banking, dimana melalui solusi ini, setiap offline store Kimia Farma Apotek di seluruh Indonesia akan terkoneksi dengan mudah secara online dan realtime sehingga setiap data transaksi dapat diakses dengan mudah dan akurat.

David menambahkan bahwa sinergi ini menjadi wujud komitmen antar BUMN untuk menciptakan layanan komprehensif, terintegrasi dalam satu aplikasi dengan beragam layanan Kimia Farma dan Bank Mandiri.

"Harapannya, adaptasi bisnis ini yang mengarah pada digitalisasi transaksi kebutuhan gaya hidup termasuk kebutuhan kesehatan, dapat semakin memperluas pasar Kimia Farma Mobile, Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri yang dapat memudahkan masyarakat," pungkasnya.