Agar Penuhi Standar Layanan BUJT, Jasa Marga Lanjutkan Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) melanjutkan pekerjaan perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) badan usaha jalan tol.

"Tiga pekerjaan rekonstruksi rigid dan perbaikan dua jembatan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Operation and Maintenance Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Nouval M Rizky di Cikarang, Jabar, dikutip dari Antara, Sabtu 1 Oktober.

Dia menjelaskan pekerjaan rekonstruksi dilakukan di Off Ramp Cikarang Utara Kilometer (KM) 00+095 sampai KM 00+139 arah Cikampek lajur 2 dengan panjang penanganan 80 meter mulai Jumat 30 September pukul 20.00 WIB hingga Senin 3 Oktober pukul 16.00 WIB.

Saat bersamaan dilakukan rekonstruksi pada Off Ramp Cikarang Utara KM 01+592 sampai KM 01+637 arah Cikampek lajur 1 sepanjang 45 meter dengan target selesai Senin 3 Oktober pukul 16.00 WIB.

Kemudian, di KM 34+586 sampai KM 35+070 arah Cikampek lajur 1 dengan panjang penanganan 101 meter yang akan dilaksanakan pada Sabtu 1 Oktober pukul 10.00 WIB hingga Jumat 7 Oktober pukul 08.00 WIB.

Sementara pekerjaan perbaikan jembatan dilakukan pada KM 41+039 arah Cikampek lajur 1 dengan panjang penanganan 12 meter yang dilaksanakan pada Sabtu 1 Oktober pukul 01.00 WIB hingga Jumat 7 Oktober pukul 16.00 WIB.

Terakhir, jembatan KM 14+190 arah Jakarta lajur 2 dengan panjang penanganan 130 meter yang akan dilaksanakan pada hari Senin 3 Oktober pukul 09.00 WIB hingga Minggu 9 Oktober pukul 09.00 WIB.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini. Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun Cikampek beroperasi normal," katanya.

Pihaknya menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, persiapan lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat, serta berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan variable message sign di kedua arah Tol Jakarta-Cikampek guna memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Jasamarga Transjawa Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata Nouval.