Bagikan:

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk bakal memperbesar bisnisnya dengan mengakuisisi PT Aventis Pharma. Langkah tersebut dilakukan perusahaan milik konglomerat Boenjamin Setiawan ini melalui pendandatanganan perjanjian pembelian saham dengan Sanofi Aventis Paricipations dan Hoechst GMBH.

Berdasarkan keterangan Corporate Secretary Kalbe Lukito Kurniawan Gozali, Senin 25 Juli, perjanjian jual beli saham tersebut telah berlangsung pada 22 Juli lalu. "Kalbe sebagai pembeli yang akan menerima pengalihan saham Aventis Pharma dari Sanofi Aventis serta Hoechst," ungkap Lukito.

Melalui transaksi tersebut, Kalbe akan memperoleh 80 persen kepemilikan atas Aventis Pharma berikut hak distribusi, lisensi dan pemasaran atas produk-produk obat resep dan vaksin milik penjual di wilayah Indonesia.

Lukito menambahkan, transaksi ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan, khususnya pada divisi obat resep. "Penyelesaian transaksi tersebut masih bergantung pada pemenuhan beberapa persyaratan pada perjanjian pembelian saham," tutur Lukito.

Mengutip situs Sanofi.co.id, Aventis Pharma badan hukum Sanofi Indonesia yang sudah beroperasi lebih dari 60 tahun. Adapun Sanofi Indonesia adalah afiliasi Sanofi, perusahaan bidang kesehatan diversifikasi global yang berpusat di Prancis dengan portofolio produk farmasi yang beragam (obat resep dan obat generik), vaksin, dan produk kesehatan konsumen.

Hingga saat ini, Sanofi hadir di lebih dari 170 negara dan didukung oleh 100,000 karyawan yang bekerja bersama-sama untuk menyediakan perawatan terapeutik yang inovatif untuk memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan orang di seluruh dunia.