BNI Salurkan Kredit Usaha Bagi Dua Diaspora di Kanada Melalui Cabang New York
Ilustrasi (Foto: Dok. BNI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencapai kesepakatan bisnis dengan dua diaspora RI di Kanada terkait dengan pengucuran kredit usaha. Penyaluran kredit ini mengalir ke Axia Distribution yang berlokasi di Vancouver dan Nai-Nai Noodles yang berlokasi di Toronto.

“Ini merupakan bentuk optimalisasi potensi bisnis dari komunitas diaspora melalui kontribusi kami berupa pemberian produk fasilitas diaspora loan,” ujar Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dalam keterangan resmi, Senin 25 Juli.

Menurut Henry, penyaluran kredit tersebut dilakukan melalui BNI Cabang New York, Amerika Serikat (AS) selaku kantor perwakilan terdekat.

“Dengan mandat yang kami terima sebagai global bank asal Indonesia, tentunya akan lebih banyak inovasi serta hubungan bisnis yang kami kembangkan untuk memperluas bisnis Indonesia khususnya ke Amerika Serikat dan Kanada," tutur dia.

Henry memastikan jika diaspora loan didesain secara komprehensif serta prudent untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mengembangkan usahanya di luar negeri.

“Sejauh ini layanan diaspora loan yang perseroan kembangkan telah efektif menjangkau sejumlah negara, seperti Singapura, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Henry menerangkan Axia Distribution merupakan perusahaan yang dimiliki diaspora RI dan telah berdiri sejak 2004 di Vancouver. Perusahaan ini mengimpor barang berupa karpet dapur dari Indonesia untuk dijual di Kanada dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Nai-Nai Noodles merupakan rumah makan yang menjual makanan berupa mie ayam khas Indonesia, yang didirikan sejak dua tahun lalu oleh diaspora Indonesia di Toronto bernama Sherlin.

Adapun, penandatanganan komitmen yang dilakukan secara virtual, Sherlin dari Nai-Nai Noodles mengungkapkan bahwa ia merasa sangat terbantu dan berterima kasih atas dukungan BNI New York terhadap usaha kecil menengah yang dimilikinya.

Sementara Axia Distribution menyatakan pinjaman dari BNI New York sangat membantu pengembangan bisnis usahanya.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak menyatakan mengapresiasi langkah proaktif BNI. Menurutnya, bank yang dikendalikan pemerintah itu diharapkan bisa membidik lebih banyak potensi bisnis dari diaspora Indonesia di Kanada yang berjumlah sekitar 21.000 orang.

"Kedutaan Besar RI di Ottawa dan Konsulat Jenderal RI di Toronto dan Vancouver sangat mengapresiasi BNI New York yang terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan bisnis diaspora Indonesia di Kanada," kata dia.