Diminta Erick Thohir Dukung Bisnis Diaspora RI, BNI Lanjutkan Ekspansi Internasional
Ilustrasi (Foto: Google Map)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) berkomitmen untuk terus melanjutkan dukungannya terhadap aktivitas bisnis diaspora RI di luar negeri.

General Manager Kantor Cabang BNI Seoul Anisfu mengatakan pihaknya merupakan satu-satunya bank pemerintah yang memiliki kantor perwakilan di Korea Selatan (Korsel). Menurut dia, hadirnya BNI di Korsel banyak memberikan andil dalam mengembangkan usaha para diaspora di negeri ini.

"Ke depan, kami juga akan terus eksplor lagi potensi-potensi kolaborasi BNI dan diaspora. Kami tahu ada diaspora yang punya usaha, kami siap untuk pembiayaan. Kita pun siap untuk support dengan berbagai solusi perbankan serta beyond banking yang kami miliki," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu, 20 Maret.

Anisfu menambahkan, kehadiran perseroan dinilai bisa memperkecil kendala bahasa, kultur, serta kendala administrasi para diaspora sehingga bisa langsung mendapat layanan jasa perbankan yang semakin tepat dan efisien.

“Sebagai agen pembangunan pemerintah dengan keunggulan internasional, BNI pun semakin serius mendorong eksplorasi kolaborasi dengan diaspora,” tegasnya.

Sebagai informasi, strategi penguatan jaringan usaha BNI di mancanegara merupakan amanat khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam keterangannya, Erick mengungkapkan bahwa perlunya membidik lebih serius potensi bisnis diaspora.

“Atas dasar itulah, kami menunjuk BNI untuk terus meningkatkan fokus pada ekspansi bisnis internasional,” kata dia.

Terlebih, sambung Erick, kolaborasi diaspora dengan perbankan nasional merupakan upaya untuk menggali banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, mendorong UMKM dalam negeri untuk Go Global, sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri.

"Tentunya kami terus mendukung para diaspora Indonesia dengan berbagai program dan lebih banyak lagi support untuk pembiayaan,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini BNI tercatat memiliki tujuh kantor cabang di luar negeri yang tersebar di berbagai negara, seperti Singapura, Hong Kong, Tokyo dan Osaka - Jepang, New York - Amerika Serikat, Seoul - Korea Selatan, dan London – Inggris.