Bagikan:

AMSTERDAM - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI secara resmi telah membuka kantor perwakilan di Amsterdam, Belanda untuk memperluas pasar atau market di Belanda.

Langkah ini didasari dengan melihat potensi bisnis diaspora Belanda yang cukup besar.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom mengatakan, BNI Amsterdam saat ini berstatus sebagai kantor perwakilan atau representative office di bawah BNI London.

Karena itu, tahun depan pihaknya menargetkan bisa mendapatkan lisensi atau status sebagai anak perusahaan.

Dengan adanya lisensi tersebut, Mucharom mengatakan BNI Amsterdam bisa melakukan ekspansi lebih dalam lagi untuk memperluas market atau pasar di Belanda.

“Di sini di Amsterdam, hari ini kita masih representative office. Kita memang targetkan tahun depan itu sudah bisa kita dapatkan license untuk subsidiary sehingga kita bisa menggarap potensi bisnis lebih dalam lagi,” katanya saat ditemui di BNI Amsterdam, Belanda, Kamis, 17 Mei.

Menurut Mucharom, Eropa punya potensi bisnis yang sangat tinggi. Karena itu, BNI Amsterdam ini didirikan pada 2022 lalu. Khusus di Amsterdam sendiri, kata dia, potensinya kurang lebih 10 persen dari penduduk dari Belanda.

“Itu kurang lebih masih ada realeted dengan Indonesia. Sehingga kita mencoba untuk meng-capture bisnis itu,” jelasnya.

Mucharom juga bilang Menteri BUMN Erick Thohir memberikan mandat kepada BNI untuk menjadi bank BUMN yang Go Global. Khusus untuk BNI Amsterdam, Erick meminta agar mengoptimalkan bisnis perbankan BNI di Eropa dengan mendukung bisnis para diaspora di Belanda.

“Arahannya Pak Menteri bahwa memang BNI di arahkan sebagai salah satu bank yang berorientasi global untuk lebih menangkap potensi-potensi bisnis dikaitkan dengan kepentingan Indonesia juga,” jelasnya.