Smartfren, Perusahaan Telekomunikasi dari Grup Sinar Mas Milik Konglomerat Eka Tjipta Widjaja Bakal <i>Private Placement</i> Senilai Rp3,1 Triliun
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan telekomunikasi dari grup Sinar Mas milik konglomerat Eka Tjipta Widjaja, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) akan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Selasa, 12 Juli 2022.

Mengutip laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa 21 Juni, RUPST FREN akan membahas beberapa agenda, di antaranya persetujuan serta pengesahan laporan direksi mengenai kegiatan dan tata usaha keuangan perseroan untuk tahun buku 2021.

Selain itu, RUPST juga akan menetapkan penggunaan laba rugi perseroan di tahun buku 2021 dan perubahan susunan anggota dewan komisaris dan/atau direksi perseroan.

Lebih lanjut, pihak direksi FREN juga akan membeberkan laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil pelaksanaan Waran Seri II dan Waran Seri III Perseroan. Adapun mata acara RUPSLB di antaranya persetujuan perubahan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan dengan merujuk kepada Ketentuan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia tahun 2020 (KBLI 2020).

Selanjutnya, agenda rapat mencakup persetujuan rencana FREN untuk menambah modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu dengan jumlah sebanyak-banyaknya 31 miliar saham seri C. Harga pelaksanaan ditetapkan Rp100 per saham. Alhasil nilai private placement FREN ini sekitar Rp3,1 triliun.

"Jumlah saham yang diterbitkan sebanyak-banyaknya 10 persen dari modal ditempatkan dan modal disetor perseroan sesuai dengan ketentuan Peraturan OJK No.14/POJK.04/2019,” tulis direksi Smartfren.

Perseroan juga berencana melakukan konsolidasi usaha bersama dengan entitas anak, PT Smart Telecom (Smartel) di mana lebih dari 99 persen sahamnya dipegang oleh FREN, untuk menyelenggarakan jaringan bergerak seluler yang memiliki hak penggunaan spektrum frekuensi radio untuk keperluan provider seluler.

Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Secara teknis, RUPST dan RUPSLB akan diselenggarakan secara fisik atau tatap muka dengan tetap menerapkan mekanisme pemberian kuasa secara elektronik (e-Proxy) melalui fasilitas Electronic General Meeting System KSEI (eASY KSEI) yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Para pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dalam rapat antara lain pemegang saham yang namanya termasuk dalam Daftar Pemegang Saham perseroan pada Kamis, 16 Juni 2022 selambat-lambatnya pukul 16.00 WIB.

Para pemegang saham lain yang berhak hadir apabila namanya tercatat secara sah dalam daftar pemegang saham rekening atau bank kustodian di KSEI pada Kamis, 16 Juni 2022 selambat-lambatnya pukul 16.00 WIB.

RUPST dan RUPSLB tersebut akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB hingga selesai, berlokasi di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung Smartfren, Jalan H. Agus Salim No.45 Jakarta Pusat.