Ekonomi Malang Bangkit! Muamalat Institute dan Unisma Sepakat Bangun SDM Syariah
Ilustrasi (Foto: Dok. Muamalat Institute)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu sayap usaha PT Bank Muamalat Indonesia, yakni Muamalat Institute, sepakat membangun kerja dengan Universitas Islam Malang (Unisma) terkait pembentukan sumber daya manusia (SDM) ekonomi syariah yang unggul.

Direktur Eksekutif Muamalat Institute Anton Hendrianto mengatakan pihaknya membidik Unisma sebagai pilot projects program Muamalat Indonesia Kompeten (Miko) yang nantinya akan disebar ke kampus-kampus di seluruh Indonesia.

"Kebangkitan industri dan ekonomi syariah perlu didukung oleh langkah-langkah terobosan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Senin, 21 Februari.

Menurut Anton, program Miko yang disusun Muamalat adalah salah satu ikhtiar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah dan juga industri halal Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Indonesia memiliki semua potensi untuk membawa industri dan ekonomi syariah menjadi pemenang. Melalui sinergi bersama Unisma yang didukung oleh organisasi terbesar Nahdlatul Ulama, kami yakin program Miko akan membawa banyak manfaat bagi dunia kampus dan juga masyarakat luas,” tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Unisma Rini Rahayu Kurniati menyebut pendekatan baru yang dibawa oleh Muamalat Institute memberikan warna tersendiri dalam lingkungan akademik.

“Kami menerima ada banyak pengarahan-pengarahan untuk mahasiswa, seperti diajarkan bagaimana marketing push, bagaimana mahasiswa mengolah administrasi bisnis menjadi kredibel, bagaimana menjadi kreatif, mengelola resiko, dan menjalin customer relationship,” katanya.

Rini menambahkan, berbagai skema tersebut menjadi nilai tambah tersendiri bagi mahasiswa dan bisa memperbesar peluang untuk dapat terserap langsung di industri keuangan syariah nasional.

“Ini bisa jadi jalan terbaik bagaimana anak-anak ini bisa mengetahui produk keuangan syariah, bagaimana mengetahui sistem operasi dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kami bisa membimbing dengan baik, mengingat Muamalat adalah salah satu lembaga syariah paling pertama di Indonesia,” ucap Rini.

Senada, Rektor Unisma Maskuri menghaturkan rasa terima kasih kepada Muamalat Institute sebagai rekan strategis dalam memfasilitasi mahasiswa untuk bisa belajar secara teknis bagaimana pengaplikasian ilmu di lapangan.

“Sinergitas ini harus kita optimalkan bersama, bukan sekedar kolaborasi hitam di atas putih, tetapi kolaborasi betul-betul kongkrit, terjalin silaturahmi yang erat dengan ragam aksi nyata," tegas dia.