Perkuat SDM Syariah, Muamalat Institute dan Universitas Muhammadiyah Malang Luncurkan Kelas Profesional
Kolaborasi Muamalat Institute dengan Universitas Muhammadiyah Malang (Foto: Dok. Muamalat)

Bagikan:

JAKARTA - Muamalat Institute (MI) dan Bank Muamalat mendukung penuh langkah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam meluncurkan Kelas Professional Center of Excellence (CoE) yang diawali dengan Kelas Profesional Perbankan Syariah.

Direktur Eksekutif Muamalat Institute Anton Hendrianto mengatakan bahwa upaya strategis UMM melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis berperan besar dalam mendorong penguatan sumber daya syariah nasional.

“Program ini berguna untuk mewadahi Mahasiswa yang memiliki passion dalam dunia perbankan, utamanya sektor syariah,” ujar dia dalam keterangan resmi pada Rabu, 13 April.

Menurut Anton, pihaknya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pihak dan kalangan akademis untuk terus menggali potensi ekonomi syariah yang belum sepenuhnya tergarap.

“Program ini sangat bagus dan berperan sentral dalam menunjang serta menyiapkan SDM ekonomi syariah yang berkompeten dan mumpuni, sehingga dapat membantu kemajuan pertumbuhan industri keuangan di Indonesia di masa mendatang,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM Idah Zuhroh menyebut jika Kelas Perbankan Syariah merupakan terobosan baru yang mengimplementasikan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Secara khusus kami ingin kehadiran Program Center of Excellence (CoE) bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai tenaga kerja profesional yang siap bersaing ,” katanya.

Diterangkan Idah, Kelas Perbankan Syariah menawarkan pembelajaran komprehensif yang setara dengan 20 SKS mata kuliah.

“Nantinya, mahasiswa akan diberikan pembekalan seperti kesempatan magang di berbagai wilayah di Indonesia dengan waktu selama enam bulan lama,” tegas dia.

Sebagai informasi, Muamalat Institute merupakan sayap usaha dari lembaga perbankan syariah tertua di Indonesia, yakni Bank Muamalat. Selama 29 tahun institusi ini berkontribusi dalam berbagai program pelatihan dan konsultasi pengembangan bisnis untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.