Punya ATM di Rumah Pribadi Seperti Raffi Ahmad, Pengamat: Bank Sudah Menghitung Semua
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Informasi viral yang memperlihatkan Raffi Ahmad memiliki ATM BNI di lingkungan kediamannya membuat publik Tanah Air cukup penasaran. Pasalnya, kehadiran layanan perbankan tersebut semakin mengukuhkan Raffi sebagai salah satu pesohor dengan kemampuan finansial yang sangat kuat.

Bagaimana tidak, mesin ATM sejatinya merupakan fasilitas perbankan yang ditujukan untuk bisa membantu transaksi keuangan nasabah luas. Ini berarti, perputaran uang di lingkaran Raffi Ahmad memang cukup tinggi dan juga bernilai besar.

Menyikapi kondisi tersebut, pengamat perbankan Paul Sutaryono mengutarakan pendapatnya. Menurut dia, keberadaan ATM di ruang privat bisa saja terjadi. Dia juga menjelaskan jika semua penempatan fasilitas tersebut telah diatur dalam regulasi yang berlaku.

“Sudah pasti, bank pemilik ATM sebelumnya telah memperhitungkan semua dengan matang untuk menetapkan ATM di ruang privat,” kata dia kepada VOI, Minggu, 20 Februari.

Paul menambahkan, keberadaan ATM tersebut bisa jadi sebagai strategi untuk tetap mempertahankan eksistensi transaksi keuangan tunai di tengah makin meluasnya layanan perbankan melalui kanal virtual.

"Jangan lupa bahwa lama-lama transaksi via ATM juga akan menipis. Hal ini disebabkan oleh makin maraknya penggunaan transaksi keuangan berbasis digital. Penggunaan mobile banking juga terus meningkat,” tutur dia.

Adapun, pihak BNI sendiri mengkonfirmasi bahwa kehadiran ATM perseroan di lingkungan rumah Raffi Ahmad memiliki dua tujuan sekaligus. Pertama adalah bagian dari strategi pemasaran perseroan.

“BNI dan RANS Entertainment sudah menjalin kerjasama bisnis yang saling menguntungkan,” Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom.

Kedua, ATM ini diharapkan bisa menjangkau lebih luas masyarakat di sekitar lokasi yang membutuhkan layanan perbankan fisik.

“Penempatan ATM tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan transaksi karyawan RANS, juga untuk masyarakat dan sekitarnya,” kata Mucharom.