Banknya Wong Cilik BRI Raih Predikat Penyalur KUR Terbaik 2021
Ilustrasi (Foto: Dok. BRI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) disebutkan telah berhasil meraih penghargaan sebagai Peringkat 1 Penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) Terbaik 2021 Kategori Bank Umum dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan apresiasi yang diterima perseroan akan menjadi salah satu motivasi untuk terus meningkatkan penyaluran KUR saat ini dan di masa mendatang.

“Kami telah merancang berbagai strategi untuk dapat memenuhi target KUR 2022,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Rabu, 19 Januari.

Menurut Supari, selama ini BRI selalu menjalankan strategi business process secara optimal dan efisien untuk dapat terus meningkatkan kinerja.

“Keduanya terbukti berhasil mendukung upaya kami dalam menyalurkan kredit di segmen mikro, termasuk KUR,” tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah menilai KUR sangat efektif untuk mendorong pemulihan ekonomi. Katanya, di masa pandemi COVID-19 penyediaan akses keuangan bagi sektor UMKM menjadi salah satu prioritas utama dan diwujudkan melalui dukungan kebijakan.

“Selamat kepada BRI atas prestasi yang berhasil dicapai. Pemerintah berharap melalui penghargaan ini, dapat meningkatkan kinerja dan capaian program KUR sehingga UMKM dapat lebih maju dan berdaya saing tinggi,” ucapnya.

Sebagai informasi, pada sepanjang 2021 BRI berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp194,9 triliun kepada 6,5 juta debitur.

Bukuan tersebut membuat perseroan mencatatkan pertumbuhan 40,7 persen year-on-year (y-o-y) dibandingkan dengan periode 2020 yang sebesar Rp138,5 triliun.

Adapun, fokus banknya wong cilik ini terus diarahkan pada segmen mikro sebagai core utama pertumbuhan pinjaman KUR.

Sebagai informasi, untuk tahun buku 2022 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menetapkan kuota penyaluran KUR menjadi sebesar Rp373,17 triliun. Dari jumlah tersebut, BRI mendapatkan alokasi sebesar Rp260 triliun atau mencapai 70 persen dari total KUR yang dialokasikan.

BRI sendiri sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar di Indonesia optimistis dapat mencapai target KUR 2022 hingga akhir tahun.